PELAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK PADA KELAS X BKP 2 SMK NEGERI 2 SRAGEN

Authors

  • Irmina Titik Purwanti SMK Negeri 2 Sragen

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.498

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses meningkatkan motivasi belajar,  prestasi belajar pengetahuan, ketrampilan dan prilaku siswa kelas X BKP 2 di SMK Negeri 2 Sragen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Mekanika Teknik. PTK ini dilakukan dua siklus , terjadi perubahan perilaku belajar dari motivasi belajar meningkat, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pencapaian prosentase rata-rata kopetensi mekanika teknik ketrampilan 89,5 %, nilai pengetahuan 86,6% dari 28 peserta didik. Pencapaian rata –rata motivasi  belajar peserta didik 91,1%, Berdasarkan hasil penelitian , maka peneliti merekomendasikan bahwa model Problem Based Learning.

Kata Kunci: Model PBL, kompetensi belajar Mekanika Teknik

References

Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV. Yrama Widya.

Aisah, A., Suryani, N., & Fadilah, S. S. (2017, March). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.

Rahmaniar, E., Saptasari, M., & Handayani, N. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning dipadu Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA-6 SMA Negeri 7 Malang. Jurnal Universitas Negeri Malang.(online), http://um. ac. id/e-journal/index. php/jurnal_ipa/Diakses, 5.

Hamalik, O. ( 2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Nurtanto, M. (2016). Peningkatan motivasi dan prestasi belajar dengan metode problem based learning pada pembelajaran gambar teknik melalui pembelajaran terbimbing. VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2)..

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles