PELAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK PADA KELAS X BKP 2 SMK NEGERI 2 SRAGEN
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.498Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses meningkatkan motivasi belajar, prestasi belajar pengetahuan, ketrampilan dan prilaku siswa kelas X BKP 2 di SMK Negeri 2 Sragen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Mekanika Teknik. PTK ini dilakukan dua siklus , terjadi perubahan perilaku belajar dari motivasi belajar meningkat, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pencapaian prosentase rata-rata kopetensi mekanika teknik ketrampilan 89,5 %, nilai pengetahuan 86,6% dari 28 peserta didik. Pencapaian rata –rata motivasi  belajar peserta didik 91,1%, Berdasarkan hasil penelitian , maka peneliti merekomendasikan bahwa model Problem Based Learning.
Kata Kunci: Model PBL, kompetensi belajar Mekanika Teknik
References
Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV. Yrama Widya.
Aisah, A., Suryani, N., & Fadilah, S. S. (2017, March). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.
Rahmaniar, E., Saptasari, M., & Handayani, N. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning dipadu Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA-6 SMA Negeri 7 Malang. Jurnal Universitas Negeri Malang.(online), http://um. ac. id/e-journal/index. php/jurnal_ipa/Diakses, 5.
Hamalik, O. ( 2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Nurtanto, M. (2016). Peningkatan motivasi dan prestasi belajar dengan metode problem based learning pada pembelajaran gambar teknik melalui pembelajaran terbimbing. VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2)..
Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)