PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASIMENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR FENOMENA ALAM PADA KELAS VIII B MTS NEGERI I PURWOREJO SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.499Abstract
Dari hasil analisis penelitian proses dan produk diperoleh satu simpulan bahwa penggunaan media gambar fenomena alam ternyata dapat meningkatkan keaktifan, kesungguhan, dan kemampuan berpartisipasi para peserta didik. Lebih dari 84% peserta didik menyatakan tertarik dengan pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan media “gambar fenomena alamâ€. Ketiga aspek tersebut ternyata memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi meningkatnya kompetensi dasar “menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena alam secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan†para peserta didik. Secara kuantitatif terjadi peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan media gambar fenomena alam adalah 53%. Setelah penggunaan media gambar fenomena alam rata-rata kelas kemampuan menulis teks eksplanasi meningkat menjadi 96%.
Kata Kunci :Â Â Â Media Gambar Fenomena Alam, Menulis Teks Eksplanasi
References
Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. (2002?). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
_____. (1988). Tata Bahasa Buku Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
_____. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia.Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka.
Ningsih, D. K.. (2019). Bahasa Indonesia kelas VIII semester 1.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Buku Guru Bahasa IndonesiaWahana Pengetahuan Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs.
Keraf, G. (1980). Komposisi. Ende Flores: Nusa Indah.
Marwoto, Suyitno, & Suyatmi. (1985). Komposisi Praktis. Yoyakarta: Hanindita.
Nurgiantoro, B. (1988). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yokyakarta: BPFE.
Tarigan, H. G. (1993). Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wulandari, E. D. & Zulaeha, I. Keefektifan Pembelajaran Teks Eksplanasi Model Investigasi Kelompok dan Problem Baced Learning pada Peserta Didik Kelas VII SMP. Junal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 7(2).
Sa’adah, N. (2017). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Pendek Bermuatan Sosial Budaya Dengan Model Berbasis Masalah Ddan Media Animasi Cerita “Adit da Sopo Jarwo†Pada Peserta Didik KElas VII C MTS Negeri Karangawen Kabupaten Demak (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Cahyaningrum, F. D., & Setyaningsih, N. H. (2019). Pengembangan Modul Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Konservasi bagi Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 56-63.
Zulaeha, I. (2016). Pembelajaran Menulis Kreatif. Semarang: Unnes Press.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)