Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Geguritan pada Peserta Didik SMK

Authors

  • Arif Wahyu Wantoro SMK Negeri 1 Jati, Blora

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.578

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis geguritan dan kualitas proses pembelajaran dengan penerapan metode mind mapping pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Jati Kabupaten Blora. Hasil penelitian adalah penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan dan  kualitas proses pembelajaran menulis geguritan pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Jati Kabupaten Blora. Hal ini dapat dilihat dari kinerja peserta didik dalam mempersiapkan pembelajaran dengan baik, aktif dalam kegiatan apersepsi, menjawab pertanyaan guru, bertanya kepada guru, menulis geguritan dengan semangat, menciptakan geguritan yang menarik, berperan aktif dalam pembelajaran dan ikut merefleksi dan menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Selain itu hasil ketuntasan peserta didik dalam menulis geguritan dari pratindakan 38,7 % ke siklus 1 74,2%   meningkat 35,5% dan dari siklus 1  74,2% ke siklus 2  93,6% meningkat 19,4%. Kriteria ketuntasan minimal yang terdapat di SMKN 1 Jati Kabupaten Blora adalah 75.

Kata kunci: keterampilan menulis, geguritan, mind mapping

References

Andayani. (2015). Problema dan Aksioma. Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia.Yogyakarta:Deepublish.

Jamaris, M. (2009). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggu- langannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.

Lestari, E. D. (2009). Kawruh Sepala Basa. Klaten: PT. Intan Pariwara.

Mahardhika, B. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi dari Teks Wawancara dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explisit Instructions Teknik Kronologis Peristiwa pada Siswa Kelas VII I SMP Negeri 3 Ungaran (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE

Salmiati, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Parafrase Menggunakan Metode Mind Mapping. Jurnal Pelangi, 8(1).

Subyantoro. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi VI). Depok: PT Rajagrafindo Persada

Waluyo, Herman J. (2010). Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press

Wantoro, A. W. (2020). Penerapan Teknik Parafrasa Diary Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cakepan Tembang Macapat Pada Siswa SMK. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(1).

Wardoyo, Sigit Mangun. (2013). Teknik Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles