Interaksi Pembelajaran Matematika Menghadapi UN

Authors

  • Sriyati Sriyati SMK Negeri 1 Jati, Blora

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.579

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan bagaimana interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran Matematika menghadapi UN di SMP 2 Randublatung, (2) mendiskripsikan bagaimana interaksi antara siswa dan siswa dalam pembelajaran Matematika menghadapi UN di SMP 2 Randublatung. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah metode kualitatif. Dalam penelitian kualitatif memandang obyek sebagai sesuatu yang dinamis, hasil kontruksi pemikiran dan interprestasi terhadap gejala yang dinamis, serta utuh (holistic) karena setiap aspek dari obyek itu mempunyai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Subyek ( nara sumber ) penelitian adalah guru Matematika kelas IX, siswa kelas IX dan Kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SMP 2 Randublatung sejak bulan Februari 2010 sampai dengan Mei 2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran Matematika menghadapi UN terjadi didalam kelas dan diluar kelas. Pada saat proses pembelajaran Matematika didalam kelas maka terjadilah interaksi antara guru dan siswa yang sangat baik , akrab penuh kekeluargaan. Hal ini terlihat siswa selalu mengerjakan soal dibuku tulis dan siswa berani mengerjakan soal dipapan tulis. Interaksi antara siswa dan guru dapat terjadi diluar kelas ketika siswa masih mengalami kesulitan belajar didalam kelas Hal ini terlihat guru memberikan penjelasan kesiswa dikantor guru pada siswa yang belum paham konsep maupun soal yang berkaitan dengan konsep maka tujuan pembelajaran tercapai dengan baik, (2) interaksi antara siswa dan siswa dalam pembelajaran Matematika menghadapi UN sangat baik , akrab, kekeluargaan, tidak ada permusuhan diantara siswa,sehingga diantara siswa mampu menyelesaikan kesulitan belajar baik mengenai konsep yang baru dikenalnya, maupun mengenai soal prediksi UN 2010. Hal ini dapat dilihat pada saat siswa didalam kelas berdiskusi dengan baik saling menghormati sedang diluar kelas siswa membentuk kelompok belajar dengan teman sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan baik.

Kata Kunci: interakasi, pembelajaran Matematika

References

Haryati, M. (2009). Model & Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta

Chang, S. H. H.& Smith, R. A. (2008). Effectiveness of personal interaction in a learner-centered paradigm distance education class based on student satisfaction. Journal of research on technology in education, 40(4), 407-426.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif .Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar

Jihad, A. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Miles, B & Huberman, (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universistas Terbuka

Roy, K. (2006). The impact of learning styles on interactivity in asynchronous e-learning. Performance improvement, 45(10), 21-26.

Sudjana, N. (2002). Penilaian Hasil Proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rasdakarya.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

________, (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sutikno, S. (2007). Menggagas Pembelajaran Efektif bermakana: NTP Press.

_________, (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung : NTP Press.

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles