Penggunaan Strategi Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Peserta Didik Kelas XTP-3 SMK Negeri 2 Sragen Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Febti Lita Yulianti SMK Negeri 2 Sragen

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.580

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran, seberapa banyak peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi, dan perubahan perilaku peserta didik dengan Strategi Think-Talk-Write pada peserta didik kelas X TP-3 SMK Negeri 2 Sragen.PTK ini dilakukan dua siklus. Terjadi perubahan perilaku belajar dari aspek keaktifan, semangat, kecepatan, kreatif, dan disiplin. Nilai karakter kerja sama, komunikatif, dan percaya diri terlihat baik. Hasil siklus I : 78,67, dengan ketuntasan: 71,87%. Siklus II : 90,1 dengan ketuntasan 90,62 % .Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Strategi Think-Talk-Write dapat meningkatkan Keterampilan peserta didik dalam materi menulis teks eksposisi.

Kata Kunci: Penggunaan, Strategi Think-Talk-Write , Teks Eksposisi

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, B. (2009). Model Pembelajaran. Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jauhari, H. (2013). Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendekia.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Kuncoro, M. (2009). Mahir Menulis. Erlangga: Jakarta.

Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.

Subyantoro. (2019). Penelitian Tindakan Kelas : Metode, Kaidah Penulisan, dan Publikasi. Depok: Rajawali Pers

AAmbarsari, Z. (2018). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks dengan Menggunakan Teknik 3M (Mengamati, Meniru, Mengembangkan) oleh Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Medan tahun Pembelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Susilo, J. (2017). Pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Siswa SMK. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 76-92.

Saleh, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Komplek Melalui Model Stad pada Siswa SMA. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 95-101.

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles