Penggunaan Strategi Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Peserta Didik Kelas XTP-3 SMK Negeri 2 Sragen Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.580Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran, seberapa banyak peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi, dan perubahan perilaku peserta didik dengan Strategi Think-Talk-Write pada peserta didik kelas X TP-3 SMK Negeri 2 Sragen.PTK ini dilakukan dua siklus. Terjadi perubahan perilaku belajar dari aspek keaktifan, semangat, kecepatan, kreatif, dan disiplin. Nilai karakter kerja sama, komunikatif, dan percaya diri terlihat baik. Hasil siklus I : 78,67, dengan ketuntasan: 71,87%. Siklus II : 90,1 dengan ketuntasan 90,62 % .Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Strategi Think-Talk-Write dapat meningkatkan Keterampilan peserta didik dalam materi menulis teks eksposisi.
Kata Kunci: Penggunaan, Strategi Think-Talk-Write , Teks Eksposisi
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, B. (2009). Model Pembelajaran. Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jauhari, H. (2013). Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendekia.
Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Kuncoro, M. (2009). Mahir Menulis. Erlangga: Jakarta.
Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.
Subyantoro. (2019). Penelitian Tindakan Kelas : Metode, Kaidah Penulisan, dan Publikasi. Depok: Rajawali Pers
AAmbarsari, Z. (2018). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks dengan Menggunakan Teknik 3M (Mengamati, Meniru, Mengembangkan) oleh Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Medan tahun Pembelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, UNIMED).
Susilo, J. (2017). Pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Siswa SMK. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 76-92.
Saleh, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Komplek Melalui Model Stad pada Siswa SMA. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 95-101.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)