Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Pembelajaran Mewarnai dengan Model Pasar Warna Bagi Anak Kelompok B TK Ratna Siwi Kalinongko Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.581Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pembelaiaran, seberapa banyak peningkatan kemampuan motorik halus melalui pembelajaran mewarnai gambar, dan minat anak didik dengan model pembelajaran Pasar Warna pada peserta didik kelompok B TK Ratna Siwi Kalinongko. PTK ini dilakukan dua siklus . Subyek penelitian Motorik Halus Anak kelompok B TK Ratna Siwi Kalinongko, berjumlah 20 anak, Tujuan penelitian ini Terjadi perubahan perilaku belajar dari aspek keaktifan, semangat, kreatif .Nilai karakter komunikatif dan percaya diri lebih baik dalam pembelajaran mewarnai gambar dengan model pasar warna. Hasil penelitian, prasiklus hasilnya Berkembang Sangat Baik belum ada, yang Berkembang Sesuai Harapan 2 anak (10%), yang Mulai Berkembang 8 anak (40%), yang Belum Berkembang 10 anak (50%). siklus I hasilnya 70% (14 anak ) tuntas 30%(6 anak) belum tuntas, Siklus ke II hasilnya 95% (17 anak)tuntas dan 5%(1 anak) belum tuntas. Rata rata anak motorik halusnya berkembang sangat baik terbukti anak rata rata sudah terampil dan rapi dalam mewarnai gambar. Hal ini berarti kemampuan motorik halus anak melalui pembelajaran mewarnai gambar dengan model Pasar Warna mengalami peningkatan.
Kata kunci : mewarnai Gambar, model pasar warna
References
Aisyah, S. (2008). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.
Hidayani, R. et al. (2008). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hurlock, E. B. (1997). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.
Pamadhi, H. & Sukardi E. (2008). Seni Ketrampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Pekerti, W. et al.. (2003). Metode Pengembangan Seni. Jakarta : Universitas Terbuka.
Repository.upi.edu. (diakses tanggal 10 Februari 2013)
Robbi R. & Desmita. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sujiono, B. et al. (2009). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim PKP PG-PAUD. (2013). Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)