Peningkatan Minat dan Kemampuan Menyusun RPP Melalui Kegiatan In House Training pada SD Negeri 01 Windurojo Kecamatan Kesesi Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.582Abstract
Kondisi awal Guru SD Negeri 01 Windurojo tahun pelajaran 2016/2017, baik minat
maupun kemampuan menyusun RPP rendah. Terbukti dari hasil pengamatan dan evaluasi
yang peneliti lakukan, dalam melaksanakan proses pembelajaran banyak guru yang tidak
menggunakan RPP. Itu berarti mereka tidak menyusun rencana pembelajaran. Dari 12
orang guru, 3 orang tidak menyusun RPP, dengan alasan tidak bisa (25%), 5 orang tidak
benar dalam menyusun RPP (42%), dan 4 orang kurang benar dalam menyusun RPP
(33%). Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan minat maupun kemampuan menyusun
RPP melalui pelaksanaan In House Training. Subyek penelitian ini adalah guru SDN 01
Windurojo Kecamatan Kesesi yang berjumlah 10 guru. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus, Tehnik pengumpulan data melalui tes
dan non tes, alat pengumpulan data berupa butir soal dan lembar pengamatan. Analisis
data dilakukan dengan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan,
kegiatan In House Training dapat meningkatkan minat dan kemampuan menyusun RPP
pada guru SDN 01 Windurojo Kecamatan Kesesi.
Kata Kunci: Minat, Kemampuan, RPP, In House Training
References
Danim, S. (2012). Motivasi Kepemimpinan dan
Efektivitas Kelompok. Jakarta: RinekaCipta
Departemen Pendidikan Nasional. 2008.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hakim, L. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.
Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta:
PT. Grafndo Perkasa Rajawali
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)