Peningkatan Minat dan Kemampuan Menyusun RPP Melalui Kegiatan In House Training pada SD Negeri 01 Windurojo Kecamatan Kesesi Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • Karmidi Karmidi SD N 01 Windurojo, Kecamatan Kesesi

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.582

Abstract

Kondisi awal Guru SD Negeri 01 Windurojo tahun pelajaran 2016/2017, baik minat
maupun kemampuan menyusun RPP rendah. Terbukti dari hasil pengamatan dan evaluasi
yang peneliti lakukan, dalam melaksanakan proses pembelajaran banyak guru yang tidak
menggunakan RPP. Itu berarti mereka tidak menyusun rencana pembelajaran. Dari 12
orang guru, 3 orang tidak menyusun RPP, dengan alasan tidak bisa (25%), 5 orang tidak
benar dalam menyusun RPP (42%), dan 4 orang kurang benar dalam menyusun RPP
(33%). Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan minat maupun kemampuan menyusun
RPP melalui pelaksanaan In House Training. Subyek penelitian ini adalah guru SDN 01
Windurojo Kecamatan Kesesi yang berjumlah 10 guru. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus, Tehnik pengumpulan data melalui tes
dan non tes, alat pengumpulan data berupa butir soal dan lembar pengamatan. Analisis
data dilakukan dengan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan,
kegiatan In House Training dapat meningkatkan minat dan kemampuan menyusun RPP
pada guru SDN 01 Windurojo Kecamatan Kesesi.


Kata Kunci: Minat, Kemampuan, RPP, In House Training

References

Danim, S. (2012). Motivasi Kepemimpinan dan

Efektivitas Kelompok. Jakarta: RinekaCipta

Departemen Pendidikan Nasional. 2008.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hakim, L. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta:

PT. Grafndo Perkasa Rajawali

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles