Optimalisasi Hasil Belajar Sistem Pengisian Baterai Otomotif Menggunakan Mobel Disco Tek Coca Cola bagi Peserta Didik Kelas XI TKR 1 SMK Negeri 5 Kendal Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.583Abstract
Masalah penelitian belum optimalnya hasil belajar, dengan rumusan masalah sebagai berikut 1) bagaimanakah proses pengoptimalan hasil belajar?, 2) seberapa besar pengoptimalan hasil belajar?,3) bagaimanakah prubahan perilaku peserta didik kelas XI TKR 1 SMKN 5 Kendal semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah belajar Sistem Pengisian Baterai Otomotif menggunakan Mobel Disco Tek Coca Cola? Adapun tujuan penelitian adalah: 1) mendeskripsikan proses pengoptimalan hasil belajar, 2) mendeskripsikan besarnya pengoptimalan hasil belajar.3) mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik kelas XI TKR 1 SMKN 5 Kendal semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah belajar Sistem Pengisian Baterai Otomotif menggunakan Mobel Disco Tek Coca Cola. Penelitian ini menggunakan desain PTK meliputi dua siklus dengan kegiatan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tiap siklus 2 pertemuan @ 6 jam pelajaran (6 x 45 menit). Berdasarkan tindakan yang dilakukan disimpulkan bahwa: 1) proses pengoptimalan dari kurang menarik dan kurang menyenangkan menjadi lebih menarik dan menyenangkan, 2) Besarnya pengoptimalan pengetahuan menjadi 86,96% dan keterampilan menjadi 91,30 % 3) penggunaan Mobel Disco Tek Coca Cola dapat merubah perilaku peserta didik kelas XI TKR 1 SMKN 5 Kendal semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 setelah belajar menjadi disiplin, mampu bekerja sama dan bertanggung jawab.
Kata Kunci: Mobel Dsico Tek Coca Cola, Sitem Pengisian Baterai Otomotif
References
Budiyono (2012). Model, Media, dan Evaluasi Pembelajaran Matematika, Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Djamarah, S. B. (2002). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Kementerian Pendidikan danKebudayaan. (2013). Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Memengah
Lambas (2004). Matematika. Modul Pelatihan Terintegrasi Buku 3. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Majid, A. (2015). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Roestiyah, N. K. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta
Soejanto, A. (1979). Bimbingan Ke arah Belajar yang Sukses. Surabaya: Rineka Cipta.
Sudjana. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algentindo
Supardi. (2015). Penilaian Autentik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Triyanto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran: pelengkap untuk meningkatkan Kompetensi pedagogis para guru dan calon guru professional. Jakarta: IPA Abong.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)