Optimalisasi Hasil Belajar Sistem Pengisian Baterai Otomotif Menggunakan Mobel Disco Tek Coca Cola bagi Peserta Didik Kelas XI TKR 1 SMK Negeri 5 Kendal Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Teguh Waluyo SMK Negeri 5 Kendal

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.583

Abstract

Masalah penelitian belum optimalnya hasil belajar, dengan rumusan masalah sebagai berikut 1) bagaimanakah proses pengoptimalan hasil belajar?, 2) seberapa besar pengoptimalan hasil belajar?,3) bagaimanakah prubahan perilaku peserta didik kelas XI TKR 1 SMKN 5 Kendal semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah belajar Sistem Pengisian Baterai Otomotif menggunakan Mobel Disco Tek Coca Cola? Adapun tujuan penelitian adalah: 1) mendeskripsikan proses pengoptimalan hasil belajar, 2) mendeskripsikan besarnya pengoptimalan hasil belajar.3) mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik kelas XI TKR 1 SMKN 5 Kendal semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah belajar Sistem Pengisian Baterai Otomotif menggunakan Mobel Disco Tek Coca Cola. Penelitian ini menggunakan desain PTK meliputi dua siklus dengan kegiatan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tiap siklus 2 pertemuan @ 6 jam pelajaran (6 x 45 menit). Berdasarkan tindakan yang dilakukan disimpulkan bahwa: 1) proses pengoptimalan dari kurang menarik dan kurang menyenangkan menjadi lebih menarik dan menyenangkan, 2) Besarnya pengoptimalan pengetahuan menjadi 86,96% dan keterampilan menjadi 91,30 % 3) penggunaan Mobel Disco Tek Coca Cola dapat merubah perilaku peserta didik kelas XI TKR 1 SMKN 5 Kendal semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 setelah belajar menjadi disiplin, mampu bekerja sama dan bertanggung jawab.

Kata Kunci: Mobel Dsico Tek Coca Cola, Sitem Pengisian Baterai Otomotif

References

Budiyono (2012). Model, Media, dan Evaluasi Pembelajaran Matematika, Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Djamarah, S. B. (2002). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kementerian Pendidikan danKebudayaan. (2013). Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Memengah

Lambas (2004). Matematika. Modul Pelatihan Terintegrasi Buku 3. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Majid, A. (2015). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Roestiyah, N. K. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta

Soejanto, A. (1979). Bimbingan Ke arah Belajar yang Sukses. Surabaya: Rineka Cipta.

Sudjana. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algentindo

Supardi. (2015). Penilaian Autentik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Triyanto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran: pelengkap untuk meningkatkan Kompetensi pedagogis para guru dan calon guru professional. Jakarta: IPA Abong.

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles