Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Explorer School Enviroment (Ese) Bagi Siswa Kelas X IPS 2 SMA N 1 Weleri Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Siti Umaroh SMA N 1 Weleri, Kabupaten Kendal

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.584

Abstract

Tujuan penelitian adalah: a) mengetahui proses peningkatan keterampilan menulis laporan pengamatan melalui model pembelajaran PBL berbantuan ESE bagi siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Weleri semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019, b) mengetahui besarnya peningkatan keterampilan menulis laporan pengamatan melalui model pembelajaran PBL berbantuan ESE bagi siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Weleri semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019, c) mengetahui perubahan perilaku siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Weleri semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah belajar menulis laporan pengamatan melalui model pembelajaran PBL berbantuan ESE. Penelitian ini menggunakan desain PTK meliputi dua siklus dengan masing – masing 2 pertemuan @ 2 jam pelajaran (2 x 45 menit) yang meliputi kegiatan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: a) Proses pembelajaran keterampilan menulis laporan pengamatan melalui model PBL berbantuan ESE pada siklus II sudah berjalan dengan baik, kondusif, menarik, menyenangkan, b) keterampilan menulis laporan pengamatan melalui model PBL berbantuan ESE bagi siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Weleri mengalami peningkatan pada pra siklus yang tuntas 16 siswa, pada siklus I ada 27 siswa, siklus II yang tuntas menjadi 32 siswa, c) perilaku siswa setelah melaksanakan pembelajaran menulis laporan pengamatan melalui model PBL berbantuan ESE mengalami perubahan dari perilaku yang kurang baik menjadi baik meliputi kerja sama dan tanggung jawab.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Explorer School Enviroment

References

Akhadiah, S., Arsjad, M. G., & Ridwan, S. H. (2003). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Gultom, S. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud.

Keraf, G. (1999). Eksposisi: Komposisi Lanjutan II. Jakarta : Grashindo.

Majid, A. (2015). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Slavin, R. (1995). Cooperatif Learning. Jakarta : Grasindo

Tarigan, H. G. (1994). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles