Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Materi Pangkat Tak Sebenarnya dan Bentuk Akar Melalui Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Peserta Didik Kelas IXA Mts Fathul Ulum Gabus Grobogan Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Naning Tri Setiyani MTs Fathul Ulum Gabus

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.586

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) “Bagaimana proses pembelajaran model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pangkat tak sebenarnya dan bentuk akar peserta didik kelas IXA MTs Fathul Ulum Gabus Grobogan semester gasal tahun pelajaran 2019/2020?, 2) “Apakah keaktifan peserta didik dapat meningkat dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pangkat tak sebenarnya dan bentuk akar peserta didik kelas IXA MTs Fathul Ulum Gabus Grobogan semester gasal tahun pelajaran 2019/2020; 2) Keaktifan peserta didik akan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Prosedur penelitian ini adalah dibagi dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini diperoleh data bahwa nilai kinerja guru pada siklus I adalah 83 dan pada siklus II adalah 95. Aktivitas peserta didik dalam berdiskusi pada siklus I adalah 81 dan pada siklus II adalah 91. Ketuntasan belajar matematika materi pangkat tak sebenarnya dan bentuk akar peserta didik kelas IXA MTs Fathul Ulum Gabus Grobogan semester gasal tahun pelajaran 2019/2020 pada siklus I adalah 62% dan pada siklus II adalah 88%.

Kata Kunci : Keaktifan, Hasil Belajar Matematika dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS)

References

Arifin, Z. (2006). Evaluasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107-123.

Hudojo, H. (2010). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdiknas

Poerwadarminto W. J. S. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rakhman, A. N. (2014). Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Memelihara Sistem Pendingin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 14(1)

Ruseffendi, E. T. (2008). Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta.

Sudirman, Tabrani, R., Zainal, Arifin & Toto F. (2009). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remadja Karya.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: Rosdakarya.

_______ (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung.

Sugiarto. (2010). Pembelajaran Matematika dengan GQM (Good Question and Modelling). Semarang: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Sujono. (2010). Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah. Jakarta Depdiknas.

Surakhmad, W. (2006). Pengantar Interaksi Mengajar Belajar. Tarsito. Bandung

Surraya L. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Volume 4(1)

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Yanti, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas VIII MTs Al-Jihad Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan).

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles