Pengaruh Bimbingan Konseling, Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kemandirian Peserta Didik di SMA Negeri 1 Jogonalan Kabupaten Klaten

Authors

  • Arif Mahmudi SMA Negeri 1 Jogonalan

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.587

Abstract

Ada banyak faktor yang meningkatkan kemandirian peserta didik SMA Negeri 1 Jogonalan kabupaten Klaten. Dalam menghadapi tantangan, bimbingan konseling, pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah diharapkan dapat meningkatkan kemandirian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan konseling, pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap kemandirian peserta didik. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 87 peserta didik SMA Negeri 1 Jogonalan kabupaten Klaten diambil secara proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data diuji serta dianalisis menggunakan regresi linier berganda SPSS versi 11. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Bimbingan Konseling mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap kemandirian peserta didik, 2. Pola asuh orang tua mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap kemandirian peserta didik, 3. Lingkungan sekolah mempengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemandirian peserta didik, 4. Bimbingan Konseling, pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah secara bersama-sama mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap kemandirian peserta didik.

Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Kemandirian.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Rineka Cipta.

Ali, M. & Asrori, M. (2011). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta, Bumi Aksara.

Gujarati, D. (2013). Dasar-Dasar Ekonometrika. Salemba Empat, Jakarta.

Hamalik. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta, Bumi Aksara.

Hasbullah. (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta, Rajawali Pers.

Kartono, K. (2015). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung, Mandar Maju.

Latifah, M. (2008). Peranan keluarga dalam pendidikan karakter anak. [terhubung berkala].

Mu’tadin, Z. (2002). Kemandirian sebagai kebutuhan psikologis pada remaja. E. Psikologi, 5.

Nurchaili, N. (2010) Membentuk Karakter Siswa melalui Keteladanan Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(9), 233-244.

Prayitno. (2009). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta, Rineka Cipta.

Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Kemandirian Anak. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 152-160.

Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta, CV. Rajawali Pers.

Syah, M. (2010). Psikologi Belajar. Bandung, Rajawali Press.

Taryani, T., Samtono, S., & Listyorini, H. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Interaksi Sosial Serta Dampaknya Pada Kemandirian Peserta Didik. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2).

Zanita, E. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Sekolah Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Negeri 14 Bengkulu Selatan (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles