Peningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas X TKR 1 SMK N 1 Blora Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Djoko Driyono SMK Negeri 1 Blora

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.590

Abstract

Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Pengertian berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan serta mengembangkan ilmu pengetahuan tehnologi dan budaya dengan menggunakan bahasa tersebut. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui keefektifan pembelajaran keterampilan membaca dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris peserta didik Kelas X TKR 1 SMK N 1 Blora Semester Genap Tahun 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan membaca efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris. Mahasiswa menjadi lebih termotivasi dalam belajar bahasa Inggris dan suasana kelas menjadi lebih hidup.

Kata Kunci: Pembelajaran, Membaca, Bahasa Inggris

References

Arikunto, S. (2008). Manajemen Pendidikan. Yoyakarta: Aditya Media.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Iskandarwassid & Dadang, S. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rodakarya

Lexy, M. J. (2007). Methodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya,

Madya, S. (2011). Penelitian Tindakan Action Research. Bandung: CV. Alfabeta

Masjid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mayasari, A., Pudjobroto, H., & Wahyuni, D. S. (2014). Improving Student’s Reading Comprehension Through Question-answer Relationships. English Education: Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sebelas Maret, 2(2), 59815.

Nurkamto, J., Susilohadi, Gunarso, & Ngadiso. (2011). Model, Media dan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 113 UNS Surakarta.

Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014.

Sujana, N. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Uno, H. (2009). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles