Peningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas X TKR 1 SMK N 1 Blora Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.590Abstract
Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Pengertian berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan serta mengembangkan ilmu pengetahuan tehnologi dan budaya dengan menggunakan bahasa tersebut. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui keefektifan pembelajaran keterampilan membaca dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris peserta didik Kelas X TKR 1 SMK N 1 Blora Semester Genap Tahun 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan membaca efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris. Mahasiswa menjadi lebih termotivasi dalam belajar bahasa Inggris dan suasana kelas menjadi lebih hidup.
Kata Kunci: Pembelajaran, Membaca, Bahasa Inggris
References
Arikunto, S. (2008). Manajemen Pendidikan. Yoyakarta: Aditya Media.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Iskandarwassid & Dadang, S. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rodakarya
Lexy, M. J. (2007). Methodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya,
Madya, S. (2011). Penelitian Tindakan Action Research. Bandung: CV. Alfabeta
Masjid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mayasari, A., Pudjobroto, H., & Wahyuni, D. S. (2014). Improving Student’s Reading Comprehension Through Question-answer Relationships. English Education: Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sebelas Maret, 2(2), 59815.
Nurkamto, J., Susilohadi, Gunarso, & Ngadiso. (2011). Model, Media dan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 113 UNS Surakarta.
Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014.
Sujana, N. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Uno, H. (2009). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)