Peningkatan Minat dan Kemampuan Belajar Baca Tulis Al Quran Materi Tajwid Melalui Penerapan Model Pembelajaran Sulasi Bagi Peserta Didik Kelas IV-A SDN 01 Windurojo Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.686Abstract
Kemampuan belajar Baca Tulis al Quran materi Tajwid peserta didik kelas IV-A rendah. Lebih dari 60% peserta didik belum menguasai kompetensi secara baik. Tujuan  penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan belajar materi Tajwid melalui penerapan model pembelajaran Sulasi. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas IV-A. Tehnik pengumpulan data melalui tes dan non tes, alat pengumpulan data berupa butir soal dan lembar pengamatan. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan, penerapan model pembelajaran Sulasi dapat meningkatkan minat dan  kemampuan belajar Baca Tulis al Quran materi Tajwid kelas IV-A SDN 01 Windurojo Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan pada semester gasal tahun pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci :Â Minat, Kemampuan, dan Model Pembelajaran Sulasi
References
Depdiknas. (2007). Pembelajaran Efektif. Jakarta. Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Karmidi. (2009). Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Persahabatan untuk Meningkatkan Minat dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Materi Al Quran pada siswa Kelas IV SDN 03 Windurojo Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan pada semester gasal tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian Tindakan Kelas.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Trisnatun. (2007). Penerapan Tehnik Belajar â€Ideal & Fun†Untuk Meningkatkan Minat dan penguasaan konsep Biologi. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: LPMP Jawa Tengah.
Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: IPA ABONG.
Wulandari, S. A. (2007). Penggunaan Alat Peraga Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil belajar PKPS. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: LPMP Jawa Tengah.
Yunus, M. (2004). Kamus Umum Bahasa Arab. Jakarta: Lembaga Penterjemah Qur’an.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)