Analisis Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang

Authors

  • Normalia Maulidiana Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang
  • Intan Rahmawati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.691

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1.Program Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri Gayamsari 01 Semarang sudah terlaksana dengan baik dimana dalam pelaksanaanya nilai karakter religius, mandiri, nasionalisme, integritas dan gotong royong sudah terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung, 2.Nilai penguatan pendidikan karakter pada diri siswa kelas IV menunjukan hasil yang beragam, empat nilai karakter menunjukan sudah membudaya yaitu nilai karakter religius, nilai karakter nasionalisme, nilai karakter integritas dan nilai karakter gotong royong keempat nilai karakter tersebut sudah diimplementasikan oleh siswa dengan baik dan berkesinambungan sedangkan satu nilai karakter yaitu nilai mandiri mulai berkembang pada diri siswa hal tersebut menunjukan bahwa siswa belum terbiasa dalam mengimplementasikan nilai karakter mandiri, 3. Peran guru membentuk karakter siswa dalam kegiatan pembelajaran ditunjukan dengan guru sudah menjadi model karakter yang baik bagi siswa di dalam kegiatan pembelajaran, 4. Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran secara offline maupun online saat masa pandemi sudah terlaksana dengan baik akan tetapi masih ada beberapa kendala sehingga belum terlaksana secara maksimal.

Kata Kunci: Penguatan Pendidikan Karakter, Pembelajaran, Sekolah Dasar

 

Author Biographies

Normalia Maulidiana, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ervina Eka Subekti, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Intan Rahmawati, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Daryanto. S. D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Penerbita Gava Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Samani, M. & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2020-11-10

Issue

Section

Articles