Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.694Abstract
Penelitian ini di latar belakangi kurangnya model yang digunakan dalam pembelajaran dikelas sehingga siswa menjadi cepat bosan dan kurangnya penerapan pembelajaran yang mengaitkan pengetahuan asli masyarakat dengan pengetahuan sains modern, sehingga menyebabkan siswa kurang peka terhadap lingkungan sekitarnya. Model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) berbasis Etnosains merupakan strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa untuk berfikir lebih kritis, aktif dan belajar secara mandiri untuk menyelesaikan masalah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis Etnosains pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV Tema 3 SDN Candirejo 01 Kab. Semarang?â€. Penelitian ini menggunakan model one group pretest posttest design. Posttest dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnosains, sedangkan pretest dengan metode konvensional, lalu kelompok tersebut diukur dengan alat ukur yang sama. Dari hasil ketuntasan belajar siswa menunjukan presentase yang signifikan yaitu pretest mendapatkan 13(75%) siswa yang belum tuntas dan 7(35%) siswa yang tuntas setelah dilakukan dengan model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnosains mendapatkan ketuntasan hasil belajar posttest 17(85%) siswa yang tuntas dan 3 (15%) siswa yang belum tuntas. Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV Tema 3 SDN Candirejo 01 Kab. Semarang.
Kata Kunci : Model pembelajaran PBL; Etnosains; Hasil belajar.
References
Atmojo, S. (2012). Profil Keterampilan Proses Sains dan Apresiasi Siswa terhadap Profesi Pengrajin Tempe dalam Pembelajaran IPA Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol I(2):115-122.
Fathurrohman,M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Soegeng, AY. 2015. Dasar-Dasar Penelitian. Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama.
Sudarmin, (2015). Pendidikan Karakter, Etnosains, dan Kearifan Lokal
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)