Analisis Higher Order Thinking Skills pada Instrumen Evaluasi Muatan IPA Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.695Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada instrumen evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat yang dipilih dalam penelitian ini adalah SD Negeri 3 Peganjaran Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian terkait Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada instrumen evaluasi (penilaian) muatan IPA menunjukkan bahwa SD Negeri 3 Peganjaran telah melaksanakan penilaian pengetahuan yang memuat HOTS. Soal HOTS bentuk tes pilihan ganda, isian singkat dan jawaban singkat belum 100% berjalan dengan baik, dapat dibuktikan dengan adanya temuan hasil telaah soal HOTS bentuk tes pilihan ganda, isian singkat, dan jawaban singkat dimana kategori C5 hanya muncul di soal PH 1 dan PH 4 dan kategori C6 belum terdapat dalam semua penilaian. Hasil perhitungan persentase HOTS dalam penilaian PH 1 sebesar 20%, PH 2 sebesar 13,33%, PH 3 sebesar 20%, PH 4 sebesar 20%, PH 5 sebesar 13,33%, PTS sebesar 15,55%, dan PAS sebesar 13,33%.
Kata Kunci : HOTS, Instrumen Evaluasi. IPA, Sekolah Dasar
References
Aprilia, S., & Tryanasari, D. (2018). Analisis Evaluasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Kelas Tinggi di SDN Kuwonharjo 2 Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan., 4(2), 9-14.
Fakhriyah, F., & Roysa, M. (2016). Pengaruh Model Problem Based Instruction Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Guusjigang, 2(1).
Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal hots pada kurikulum 2013. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1).
Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah dasar. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1, p. 005).
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Charismiadji, I. (2020). Merdeka Belajar di https://www.medcom.id/ pilar/kolom/MkMG38ON-merdeka-belajar (diakses 25 April)
Kemendikbud. (2018). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kholiq, H. A., Artharina, F. P., & Arisyanto, P. (2019). Analisis Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills siswa Kelas V. JANACITTA, 2(2).
Moleong. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakaraya.
Samiaji, S. (2017). Penelitian Kualitatif Dasar – Dasar. Jakarta: Indeks
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS pada kurikulum 2013. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1-9.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wijayantidan, A., & Mushafanah, Q. (2017, February). Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis Authentic Taskuntuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. In Joint International Seminar.
Yuliandini, N., Hamdu, G., & Respati, R. (2019). Pengembangan Soal Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar. Pndadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 37-46.
Yuniar, M., Rakhmat, C. R., & Saepulrohman, A. (2015). Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada Soal Objektif Tes dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187-195.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)