Penerapan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa Melalui Budaya Sabtu Bersih di SDN Pleburan 03 Semarang

Authors

  • Pramudita Tyas Hapsari Universitas PGRI Semarang
  • Sunan Baedowi Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.696

Abstract

        Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran siswa melalui budaya sabtu bersih di SD Negeri Pleburan 03 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua SD Negeri Pleburan 03 Semarang. Objek penelitian ini adalah penerapan pendidikan karakter tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran siswa melalui budaya sabtu bersih. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran siswa melalui budaya sabtu bersih di SD Negeri Pleburan 03 Semarang sudah berjalan dengan baik, dimana siswa melakukan tanggung jawab yang berkaitan dengan pendidikan karakter melalui budaya sabtu bersih di sekolah yang mereka tetap lakukan di saat pandemi dan diimplementasikan di rumah. Hal ini dilihat dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti. Melalui budaya sabtu bersih adalah salah satu cara menumbuhkan kesadaran siswa akan tanggung jawabnya serta dilakukannya pembiasaan-pembiasaan lain yang mendukung seperti pembiasaan upacara, apel pagi, senam, shalat dhuhur, membuang sampah pada tempatnya, mengerjakan tugas dengan tepat waktu yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran siswa akan tangggung jawabnya dan melakukannya atas dasar kemauan diri sendiri dan bukan paksaan dari orang lain.

Kata Kunci : karakter, tanggung jawab, kesadaran

Author Biographies

Pramudita Tyas Hapsari, Universitas PGRI Semarang

PGSD

Sunan Baedowi, Universitas PGRI Semarang

PGSD

Qoriati Mushafanah, Universitas PGRI Semarang

PGSD

References

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiyani, A. N. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: Pendagogia

https://digilib.unila.ac.id/11543/18/BAB%2520III.pdf&ved=2ahUKEwiG09zRwroAhUs4MBHUACiQQFjANegQICBAB&ug=AOvVaw20ap6ftfZHnNfguNUgaP1 (diakses pada 7 Maret 2020 pukul 16:24)

https://www.google.com/amp/s/m.artikata.com/arti-381428-penerapan.html (diakses 4 Maret 2020 pukul 19:09)

https://moondoggiesmusic.com/pendidikan-karakter/ (diakses 3 Januari 2020 pukul 11.00)

https://www.indonesiastudents.com/4-pengertian-kesadaran-menurut-para-ahlidan-jenisnyalengkap/ (diakses pada 7 Maret pukul 09.00)

Published

2020-11-10

Issue

Section

Articles