Penerapan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa Melalui Budaya Sabtu Bersih di SDN Pleburan 03 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.696Abstract
       Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran siswa melalui budaya sabtu bersih di SD Negeri Pleburan 03 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua SD Negeri Pleburan 03 Semarang. Objek penelitian ini adalah penerapan pendidikan karakter tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran siswa melalui budaya sabtu bersih. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran siswa melalui budaya sabtu bersih di SD Negeri Pleburan 03 Semarang sudah berjalan dengan baik, dimana siswa melakukan tanggung jawab yang berkaitan dengan pendidikan karakter melalui budaya sabtu bersih di sekolah yang mereka tetap lakukan di saat pandemi dan diimplementasikan di rumah. Hal ini dilihat dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti. Melalui budaya sabtu bersih adalah salah satu cara menumbuhkan kesadaran siswa akan tanggung jawabnya serta dilakukannya pembiasaan-pembiasaan lain yang mendukung seperti pembiasaan upacara, apel pagi, senam, shalat dhuhur, membuang sampah pada tempatnya, mengerjakan tugas dengan tepat waktu yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran siswa akan tangggung jawabnya dan melakukannya atas dasar kemauan diri sendiri dan bukan paksaan dari orang lain.
Kata Kunci : karakter, tanggung jawab, kesadaran
References
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wiyani, A. N. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: Pendagogia
https://digilib.unila.ac.id/11543/18/BAB%2520III.pdf&ved=2ahUKEwiG09zRwroAhUs4MBHUACiQQFjANegQICBAB&ug=AOvVaw20ap6ftfZHnNfguNUgaP1 (diakses pada 7 Maret 2020 pukul 16:24)
https://www.google.com/amp/s/m.artikata.com/arti-381428-penerapan.html (diakses 4 Maret 2020 pukul 19:09)
https://moondoggiesmusic.com/pendidikan-karakter/ (diakses 3 Januari 2020 pukul 11.00)
https://www.indonesiastudents.com/4-pengertian-kesadaran-menurut-para-ahlidan-jenisnyalengkap/ (diakses pada 7 Maret pukul 09.00)
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)