Analisis Penerapan Nilai Karakter dalam Buku Siswa Kelas IV Tema Tempat Tinggalku Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Authors

  • Lilik Fatchurrahman Universitas PGRI Semarang
  • Ibnu Fatkurroyana Universitas PGRI Semarang
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.697

Abstract

Seiring dengan perkembangan dunia yang begitu cepat, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan perubahan yang signifikan terhadap seluruh aspek kehidupan manusia, diantaranya pada bidang pendidikan telah melupakan pendidikan karakter. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus kriminal, asusila, dan kekerasan di dunia pendidikan. maka dibutuhkan pendidikan berbasis nilai-nilai karakter untuk membangun kepribadian bangsa menjadi lebih baik. Salah satu caranya adalah melalui pengintegrasian nilai karakter pada buku siswa yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis penerapan nilai karakter dalam Buku siswa kelas IV tema 8 tempat tinggalku subtema 2 keunikan daerah tempat tinggalku. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi.Nilai karakter yang muncul pada saat proses pembelajaran Relegius,jujur,toleransi,disiplin,kerja keras,kreatif,mandiri,demokratis,rasa ingin tahu,semangat kebangsaan,cinta tanah air,menghargai prestasi,bersahabat komunikatif,cinta damai,gemar membaca,peduli lingkungan,peduli social,tanggung jawab.

Kata Kunci: Karakter, Buku Siswa

Author Biographies

Lilik Fatchurrahman, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ibnu Fatkurroyana, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mira Azizah, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Jean, P. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta: Gramedia.

Samani, M. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2020-11-10

Issue

Section

Articles