Keefektifan Media Pembelajaran Video Metal Gegana pada Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD IT Al Ummar Kabupaten Magelang

Authors

  • Muh. Dzulfiqar Joddy Al-Mulk Universitas PGRI Semarang
  • Ary Susatyo Nugroho Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.698

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SD IT Al-Ummar Kabupaten Magelang peserta didik kelas V ditemukan sebuah masalah pada pelajaran tema 5 yaitu ekosistem.Hal ini dilihat dari nilai harian pada pelajaran tema 5 peserta didik kelas V, dari keseluruhan jumlah peserta didik kelas V yaitu 23 Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan SD IT Al-Ummar Kabupaten Magelang pada pelajaran tema 5 adalah 65. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas VB, atas nama Bapak Agus Wakhid Santosa, S.Pd rendahnya nilai peserta didik tersebut disebabkan karena peserta didik masih   merasa kesulitan dalam pemahaman materi pada tema . Selain itu pada proses pembelajaran guru belum memanfaatkan media didalam pembelajaran. Karena tanpa adanya media pembelajaran yang bervariasi, konsentrasi peserta didik pada pembelajaran menjadi kurang. Akibatnya peserta didik sulit memahami materi yang telah disampaikan oleh guru. Konsentrasi peserta didik pada pembelajaran rata-rata hanya sepuluh hingga lima belas menit saja. Oleh karena itu tujuan pembelajaran yang dilakukan belum optimal. Berawal dari masalah tersebut peneliti melakukan peelitian dengan tujuan mengetahui keefektifan Media Pembelajaran Video Metal Gegana pada model Problem Based Learning  terhadap hasil belajar siswa kelas v SD IT Al ummar Kabupaten Magelang. Dengan sampel yang digunakan penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD IT Al-Ummar, Kabupaten Magelang yang berjumlah 23 peserta didik, terdiri dari 10 putra dan 13 putri. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest Posttest Design.  Sebelumnya peserta didik kelas V akan diberi pretest terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi awal sebelum diberi perlakuan. Setelah hasi pretest didapat, selanjutnya peserta didik diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Media Video Pembelajaran Metal Gegana, lalu baru diambil nilai posstest. Setelah memberi perlakua diperleh data nilai sebelum dilakuka treatment siswa yang tuntas sebesar 3 siswa dan yang tidak tuntas 20 siswa, namun setelah diberi perlakuan pada nilai posstes terlihat teradi peningkatan siswa tuntas mencapai 18 siswa dan sisanya hanya 3 anak. Ditunjukan juga dalam uji ketutasan klasikal, hasil pretest mencapai ketuntasan belajar klasikal 13%. Hasil posttest mencapai ketuntasan belajar sebesar 78%. Suatu kelas dikatakan tuntas apabila terdapat ≥70% peserta didik yang telah tuntas belajar. Dengan demikian, hasil posttest dapat dikatakan tuntas secara klasikal dengan 78% peserta didik tuntas belajar. Hasil pretestdikatakan tidak tuntas secara klasikal dengan 13% peserta didik tuntas belajar. Maka dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan Media Video Pembelajaran Metal Gegana pada model pembelajaran Problem Based Learning efektif meningkatkan hasil belajar siswa Kelas 5 SD IT Al Ummar Kabupaten Magelang.

Kata Kunci : Media Animasi, Problem Based Learning, pemecahan masalah, hasil belajar

Author Biographies

Muh. Dzulfiqar Joddy Al-Mulk, Universitas PGRI Semarang

PGSD

Ary Susatyo Nugroho, Universitas PGRI Semarang

PGSD

Mei Fita Asri Untari, Universitas PGRI Semarang

PGSD

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Jean, P. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta: Gramedia.

Samani, M. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2020-11-10

Issue

Section

Articles