Keefektifan Model Discovery Learning Berbantu Media Vikoci Terhadap Hasil Belajar Siswa SD

Authors

  • Nahdia Ahya Putri Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Sukamto Universitas PGRI Semarang
  • Henry Januar Saputra Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.699

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA materi daur air dan kurangnya pemahaman konsep materi daur air. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran Discovery Learning berbantu media VIKOCI terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Penelitian ni dilaksanakan pada salah satu SDN di Batang kelas V yang berjumlah 21 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu “purposive samplingâ€. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model Discovery Learning berbantu media VIKOCI diperoleh thitung = 7,007> ttabel = 2,080. Maka Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa mencapai KKM 70 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 90,47%. Maka terdapat perbedaan hasil belajar IPA materi daur air pada salah satu kelas V SDN di Batang sesudah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media VIKOCI (Video, Kompor, dan Panci).

Kata Kunci : model Discovery Learning, media VIKOCI, hasil belajar 

Author Biographies

Nahdia Ahya Putri, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sukamto Sukamto, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Henry Januar Saputra, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Abidin, Y. (2018). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kulikulum 2013 Bandung: PT Refika Aditama.

Kustandi, C. & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatof Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Published

2020-11-10

Issue

Section

Articles