Keefektifan Model Discovery Learning Berbantu Media Vikoci Terhadap Hasil Belajar Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.699Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA materi daur air dan kurangnya pemahaman konsep materi daur air. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran Discovery Learning berbantu media VIKOCI terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Penelitian ni dilaksanakan pada salah satu SDN di Batang kelas V yang berjumlah 21 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu “purposive samplingâ€. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model Discovery Learning berbantu media VIKOCI diperoleh thitung = 7,007> ttabel = 2,080. Maka Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa mencapai KKM 70 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 90,47%. Maka terdapat perbedaan hasil belajar IPA materi daur air pada salah satu kelas V SDN di Batang sesudah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media VIKOCI (Video, Kompor, dan Panci).
Kata Kunci : model Discovery Learning, media VIKOCI, hasil belajarÂ
References
Abidin, Y. (2018). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kulikulum 2013 Bandung: PT Refika Aditama.
Kustandi, C. & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatof Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)