Penerapan Media Video Kebencanaan dengan Model Teams Games Tournament (TGT) pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Ratriadi Ari Nurseta Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang
  • Ikha Listyarini Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.700

Abstract

Sektor pendidikan merupakan salah satu strategi yang efektif untuk mengurangi risiko terjadinya bencana alam dengan cara menyisipkan materi kebencanaan dalam materi pelajaran, terutama di daerah yang sering terdampak terjadinya bencana alam. Berdasarkian hasil wawancara dan observasi, penggunaan media pembelajaran tentang mitigasi bencana di SDN Mranggen 1 Kabupaten Magelang masih belum memadai yang menjadikan informasi tentang materi kebencanaan belum dapat disampaikan dengan baik.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat diterapkan atau tidak media video kebencanaan dengan model Teams Games Tournament (TGT)  pada peserta didik kelas V SDN Mranggen 1 Kabupaten Magelang.Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest Posttest Desain. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Mranggen 1 Kabupaten Magelang yang berjumlah 26 peserta didik. Analisis data yang dilakukan  menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil uji t-test didapat nilai thitung sebesar 7,518893181, sedangkan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% dan db 25 didapatkan nilai ttabel sebesar 2,506. Dapat diketahui bahwathitung > ttabel (7,518893181>2,506) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata setelah dilakukan posttest sebesar 71 dan ketuntasan belajar kalsikal sebasar 77%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video kebencanaan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat diterapkan pada tema 5 kelas V SDN Mranggen 1 Kabupaten Magelang.

Kata Kunci : Penerapan, Video Kebencanaan, Teams Games Tournament

Author Biographies

Ratriadi Ari Nurseta, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mei Fita Asri Untari, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ikha Listyarini, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Maulidina, Z. Nuriman., & Hutama, F. S. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Teka Teki Silang terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN Tegalgede 01 Jemberâ€. Jurnal JPSD, 4(2), 141-147.

Ningrum, D., Prihandono, T., & Subiki, S. (2015). “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) dengan Teknik Firing Line disertai Media Kartu dalam Pembelajaran IPA (Fisika) di SMPâ€. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 248 - 254.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan A., & Putria A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia No. 24 Tahun 2007 Pasal 1 ayat 1 & 2 tentang Penanggulangan Bencana

Published

2020-11-10

Issue

Section

Articles