Penerapan Media Video Kebencanaan dengan Model Teams Games Tournament (TGT) pada Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.700Abstract
Sektor pendidikan merupakan salah satu strategi yang efektif untuk mengurangi risiko terjadinya bencana alam dengan cara menyisipkan materi kebencanaan dalam materi pelajaran, terutama di daerah yang sering terdampak terjadinya bencana alam. Berdasarkian hasil wawancara dan observasi, penggunaan media pembelajaran tentang mitigasi bencana di SDN Mranggen 1 Kabupaten Magelang masih belum memadai yang menjadikan informasi tentang materi kebencanaan belum dapat disampaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat diterapkan atau tidak media video kebencanaan dengan model Teams Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas V SDN Mranggen 1 Kabupaten Magelang.Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest Posttest Desain. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Mranggen 1 Kabupaten Magelang yang berjumlah 26 peserta didik. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil uji t-test didapat nilai thitung sebesar 7,518893181, sedangkan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% dan db 25 didapatkan nilai ttabel sebesar 2,506. Dapat diketahui bahwathitung > ttabel (7,518893181>2,506) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata setelah dilakukan posttest sebesar 71 dan ketuntasan belajar kalsikal sebasar 77%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video kebencanaan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat diterapkan pada tema 5 kelas V SDN Mranggen 1 Kabupaten Magelang.
Kata Kunci : Penerapan, Video Kebencanaan, Teams Games Tournament
References
Maulidina, Z. Nuriman., & Hutama, F. S. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Teka Teki Silang terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN Tegalgede 01 Jemberâ€. Jurnal JPSD, 4(2), 141-147.
Ningrum, D., Prihandono, T., & Subiki, S. (2015). “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) dengan Teknik Firing Line disertai Media Kartu dalam Pembelajaran IPA (Fisika) di SMPâ€. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 248 - 254.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, N., Setiawan A., & Putria A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia No. 24 Tahun 2007 Pasal 1 ayat 1 & 2 tentang Penanggulangan Bencana
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)