Analisis Nilai Karakter pada Lagu Anak dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.701Abstract
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini karena Pembentukan karakter pada anak dapat dibentuk berdasarkan pengaruh lingkugan, sekolah (formal) dan lingkungan tempat tinggal (informal). Pendidikan karakter dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan lagu anak. Dalam lagu anak terdapat berbagai nilai karakter yang terkandnung didalamnya namun ada beberapa anak yang tidak memahami nilai karakter yang terkandung dalam lagu anak tersebut. Implementasi pendidikan karakter di sekolahan sejalan dengan penerapan kurikulum. Perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun berkembang menjadi lebih baik. Perubahan kurikulum disesuaikan dengan perubahan zaman dan kebutuhan siswa akan muatan materi yang tidak hanya mengembangkan aspek pengetahuan namun juga seimbang dengan aspek keterampilan dan aspek sikap. Selain itu, perlu diterapkan kurikulum yang tidak hanya berbasis kompetensi namun sekaligus berbasis karakter, oleh karena itu pemerintah merefitalisasi pendidikan karakter dalam seluruh jenis dan jenjang pendidikan termasuk dalam pengembangan kurikulum. Fokus penelitian ini adalah ditentukan fokus dalam penelitian ini adalah menganalisis nilai karakter apa saja yang terdapat pada lagu anak dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku . Hasil dari penelitian ini berupa bagaimana isi atau kandungan nilai karakter pada lagu anak dalam buku siswa kurikulum 2013 sd/mi kelas 1 tema 2 kegemaranku. Yaitu berupa lirik lagu yang mengandung nilai karakter yang dapat diterapkan atau digunakan sebagai pengembangan karakter pada anak. Simpulan dari penelitian ini adalah nilai karakter yang terdapat pada lagu anak dalam buku sisiwa kurikulum 2013 sd/mi kelas 1 tema 2 kegemaranku diantaranya: religius, jujur, disiplin, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/komunikatif, Cintai Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan dan Tanggug Jawab.
Kata kunci : Nilai, Karakter, Lagu anak, Buku siswa, Kurikulum
References
Endraswara, S. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Folklor. Yogyakarta: Medpress.
Jogloabang.com. (2018). Perpres No 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. https://jogloabang.com/pendidikan/perpres-no-87-tahun-2017- tentang-penguatan-pendidikan-karakter
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
https://kurikulum2013kelas6.wordpress.com/2015/06/25/buku-guru-dan-buku-siswa/kemendikbud./diunduh tangga l2 maret 2020
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Definisimenurutparaahli.com. Definisi Para Ahli. https://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-pendidikan-karakter/ Diakses pada tanggal 26 Mei 2019.
Zonareferensi.com. (2018). Pengertian Nilai Menurut Para ahli dan Secara Umum. https://www.zonareferensi.com/pengertian-nilai/Diakses tanggal 26 Maret 2020
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)