Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Qs. Yunus : 40 – 41 dan Qs. Al-Maidah : 32 Melalui Model Discovery Learning dengan Bantuan Media â€Kualami†bagi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Mranggen Kabupaten Demak pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.928Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Qs. Yunus : 40 – 41 Dan Qs. Al Maidah : 32 melalui teknik pembelajarn Discovery Learning bagi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Mranggen pada semester 2 tahun 2019/2020. Objek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 mranggen pada. Pada Materi Qs. Yunus : 40 – 41 Dan Qs. Al Maidah : 32 dijumpai bahwa hasil pembelajaran siswa menunjukkan hasil yang rendah. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan ketuntasan belajar hasil nilai tes formatif yang pada siklus I tingkat aktivitas belajar siswa mencapai 74,7 % dan pada siklus II meningkat menjadi 92,0 %. Jadi ada kenaikan persentase sebesar 17,3 %. Adapun peningkatan hasil belajar siswa secara individu dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa rata-rata tes formatif nilai pada siklus I mencapai 71,5 % dan pada siklus II meningkat menjadi 91,4 %. Ada kenaikan persentase dari siklus I ke siklus II sebesar 19,9 % Adapun hasil nontes pengamatan proses belajar mengajar menunjukkan perubahan siswa yang lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran discovery learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan prestasi belajar bagi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Mranggen Tahun Pelajaran 2019/2020.
Â
Kata kunci: Pengingkatan prestasi belajar, Teknik pembelajaran discovery learning.
References
Ilahi, T.M. (2012). Strategy Discovery Learning. Jakarta: Bumi Aksara
Isnaeni, W., & Christijanti, W. (2014). Aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan dengan penerapan strategi pembelajaran discovery learning. Journal of Biology Education, 3(3).
Kamil, R. I., & Suharno, K. (2013). Penggunaan media permainan kartu kuartet dalam upaya peningkatan pemahaman materi wayang kulit purwa. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 1(8), 1-6.
Kemdikbud. (2013). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Liansari, R., Sueono, H., & Tenzer, A. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning Berbantuan Kartu Pintar Untuk Pembelajaran Biologi Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA Negeri 6 Malang. SKRIPSI Jurusan Biologi-Fakultas MIPA UM, 2015(2015).
Oemar, H. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Rohani (2004). Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukidin, Basedowi, & Suroto. (2008). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia.
Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)