Peningkatan Hasil Belajar PKN Melalui Metode Role Playing Menggunakan Media Kartu Suara Materi Pemilu dan Pilkada pada Siswa Kelas VI SDN Palebon 01 Kecamatan Pedurungan

Authors

  • Aprilia Milasari Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari PGSD, Universitas PGRI Semarang
  • Kiswoyo Kiswoyo PGSD, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.930

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar PKn kelas VI Semester I di SDN Palebon 01 Kecamatan Pedurungan Kota Semarang dalam materi Pemilu dan Pilkada melalui penerapan metode role playing dengan media kartu suara, dengan tujuan penelitian ini adalah dapat meningkatan hasil belajar melalui penerapan metode role playing. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan data 26 siswa dari 16 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan metode role playing mencapai peningkatan dalam minat belajar siswa dengan hasil belajar PKn materi pemilu dan pilkada siswa kelas VI, dengan hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 45 dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata 85. Hasil belajar soal pre test sebanyak 15 % tuntas (4 siswa) dan 85 % belum tuntas (22 siswa) dan 96 % tuntas (25 siswa) dan 4 % belum tuntas (1 siswa) hal tersebut menunjukkan sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal  (KKM). Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan hendaknya menerapkan metode bermain peran pada mata pelajaran PKn materi pelaksanaan pemilu dan pilkada. Pembelajaran lebih efektif dengan menerapkan metode role playing agar semakin menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

 

Kata kunci :  Peningkatan hasil belajar, PKn, Materi Pemilu dan Pilkada.

Author Biography

Aprilia Milasari, Universitas PGRI Semarang

PGSD

References

Aqib, Z. (2013). Penelitian Tindakan Kelas.

Bandung: Yrama Media.

Dihardja, D. (2000). Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas

Daryanto, T. (2013). Inovasi Pembelajaran

Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar.

Bandung: Pustaka Setia.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Bumi

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Poerwanti, E. (2008). Asesmen Pembelajaran

SD. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar,

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sani, R. A. & Sudirman. (2017). Penelitian

Tindakan Kelas Pengembang Profesi

Guru, Edisi Revisi, Kota Tangerang,

Tsmart Printing.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Orientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta:

Kencana

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning

Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya:

Pustaka Belajar.

Sumiati & Asra. (2009). Metode Pembelajaran.

Bandung: CV Wacana Prima.

Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional.

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles