Peningkatan Hasil Belajar PKN Melalui Metode Role Playing Menggunakan Media Kartu Suara Materi Pemilu dan Pilkada pada Siswa Kelas VI SDN Palebon 01 Kecamatan Pedurungan
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.930Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar PKn kelas VI Semester I di SDN Palebon 01 Kecamatan Pedurungan Kota Semarang dalam materi Pemilu dan Pilkada melalui penerapan metode role playing dengan media kartu suara, dengan tujuan penelitian ini adalah dapat meningkatan hasil belajar melalui penerapan metode role playing. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan data 26 siswa dari 16 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan metode role playing mencapai peningkatan dalam minat belajar siswa dengan hasil belajar PKn materi pemilu dan pilkada siswa kelas VI, dengan hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 45 dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata 85. Hasil belajar soal pre test sebanyak 15 % tuntas (4 siswa) dan 85 % belum tuntas (22 siswa) dan 96 % tuntas (25 siswa) dan 4 % belum tuntas (1 siswa) hal tersebut menunjukkan sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan hendaknya menerapkan metode bermain peran pada mata pelajaran PKn materi pelaksanaan pemilu dan pilkada. Pembelajaran lebih efektif dengan menerapkan metode role playing agar semakin menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
Â
Kata kunci :Â Peningkatan hasil belajar, PKn, Materi Pemilu dan Pilkada.
References
Aqib, Z. (2013). Penelitian Tindakan Kelas.
Bandung: Yrama Media.
Dihardja, D. (2000). Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas
Daryanto, T. (2013). Inovasi Pembelajaran
Efektif. Bandung: Yrama Widya.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar.
Bandung: Pustaka Setia.
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Bumi
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Poerwanti, E. (2008). Asesmen Pembelajaran
SD. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar,
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sani, R. A. & Sudirman. (2017). Penelitian
Tindakan Kelas Pengembang Profesi
Guru, Edisi Revisi, Kota Tangerang,
Tsmart Printing.
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Orientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta:
Kencana
Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning
Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya:
Pustaka Belajar.
Sumiati & Asra. (2009). Metode Pembelajaran.
Bandung: CV Wacana Prima.
Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)