Penerapan Pendidikan Karakter melalui Mata Pelajaran SBDP Pada Tema 1 Kelas V di SD Negeri Bugangan 02 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.931Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran daring dalam mata pelajaran SBdP pada tema 1 kelas V di SD Negeri Bugangan 02 Semarang?, 2) Bagaimana penerapan pendidikan karakter melalui mata pelajaran SBdP pada tema 1 kelas V di SD Negeri Bugangan 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik pengamatan/observasi, wawancara, serta dokumentasi dan angket (kuesioner). Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran daring di SDN Bugangan 02 Semarang kurang efektif karena hanya menggunakan aplikasi WhatsApp Grups (WAG) dalam pemberian tugas. Penyampaian materi tidak maksimal karena dalam pembelajaran, guru tidak menggunakan video conference seperti zoom atau hangouts meets, untuk mengontrol siswanya. Kemudian dalam penerapan pendidikan karakter melalui mata pelajaran SBdP pada tema 1 kelas V dapat terwujud pada siswa dalam tujuh nilai karakter yaitu religius, jujur, disiplin, cinta tanah air, kerja keras, kreatif, dan menghargai prestasi.
Kata Kunci : Penerapan, Pendidikan karakter, SBdP
References
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Miles, M. B. & Huberman A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.
Lestari, Y. S. (2016). “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Di Sekolah Dasar Negeri 1 Trirenggo Tahun Pelajaran 2015/2016.†Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Volume 3, Nomor 1, September 2016, halaman 38—42.
Swastika F., A. (2018). Penerapan Model Direct Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menggambar Ilustrasi Pada Siswa Kelas VA SDN Putat Jaya II Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5).
Marselina, N. S. (2016). Analisis Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) Kelas 3 SD Negeri Resapombo 01 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Sustiawati, Ni Luh, Ni Ketut Suryatini, and Anak Agung Ayu Mayun Artati. "Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari Di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning." Mudra Jurnal Seni Budaya 33, no. 1 (2018): 128-143.
Wahyu I. M. & Pandu P. H. (2019). Pendidikan Karakter pada Esktrakurikuler Drum Band di SDN Wotan Sumberrejo Bojonegoro. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4).
Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018, October). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 1(1), 254-262.
Sari, N. K. & Puspita L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal DIKDAS BANTARA, 2(1), 57-72.
Rofian, R. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Demostrasi Pada Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(2).
Purnamasari, V., & Hernanda, A. (2017). Pengembangan Model “YUDI†dalam Pembelajaran Karakter SD. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 9(1), 23-31.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)