Penerapan Pendidikan Karakter melalui Mata Pelajaran SBDP Pada Tema 1 Kelas V di SD Negeri Bugangan 02 Semarang

Authors

  • Desyva Nur Mahareni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas PGRI Semarang,

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.931

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran daring dalam mata pelajaran SBdP pada tema 1 kelas V di SD Negeri Bugangan 02 Semarang?, 2) Bagaimana penerapan pendidikan karakter melalui mata pelajaran SBdP pada tema 1 kelas V di SD Negeri Bugangan 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik pengamatan/observasi, wawancara, serta dokumentasi dan angket (kuesioner). Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran daring di SDN Bugangan 02 Semarang kurang efektif karena hanya menggunakan aplikasi WhatsApp Grups (WAG) dalam pemberian tugas. Penyampaian materi tidak maksimal karena dalam pembelajaran, guru tidak menggunakan video conference seperti zoom atau hangouts meets, untuk mengontrol siswanya. Kemudian dalam penerapan pendidikan karakter melalui mata pelajaran SBdP pada tema 1 kelas V dapat terwujud pada siswa dalam tujuh nilai karakter yaitu religius, jujur, disiplin, cinta tanah air, kerja keras, kreatif, dan menghargai prestasi.

Kata Kunci : Penerapan, Pendidikan karakter, SBdP

Author Biography

Desyva Nur Mahareni, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas PGRI Semarang,

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Miles, M. B. & Huberman A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Lestari, Y. S. (2016). “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Di Sekolah Dasar Negeri 1 Trirenggo Tahun Pelajaran 2015/2016.†Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Volume 3, Nomor 1, September 2016, halaman 38—42.

Swastika F., A. (2018). Penerapan Model Direct Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menggambar Ilustrasi Pada Siswa Kelas VA SDN Putat Jaya II Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5).

Marselina, N. S. (2016). Analisis Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) Kelas 3 SD Negeri Resapombo 01 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Sustiawati, Ni Luh, Ni Ketut Suryatini, and Anak Agung Ayu Mayun Artati. "Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari Di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning." Mudra Jurnal Seni Budaya 33, no. 1 (2018): 128-143.

Wahyu I. M. & Pandu P. H. (2019). Pendidikan Karakter pada Esktrakurikuler Drum Band di SDN Wotan Sumberrejo Bojonegoro. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4).

Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018, October). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 1(1), 254-262.

Sari, N. K. & Puspita L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal DIKDAS BANTARA, 2(1), 57-72.

Rofian, R. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Demostrasi Pada Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(2).

Purnamasari, V., & Hernanda, A. (2017). Pengembangan Model “YUDI†dalam Pembelajaran Karakter SD. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 9(1), 23-31.

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles