SaPengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Etnosains Tema Lingkungan Sahabat Kita Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 03 Lebak Jepara Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.932Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa kelas V SD pada tema lingkungan sahabat kita. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbasis Etnosains tema lingkungan sahabat kita terhadap aktivitas belajar siswa kelas V SDN 03 Lebak. Penelitian ni dilaksanakan pada salah satu SDN di Jepara yang berjumlah 25 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu “nonprobability samplingâ€. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model Project Based Learning berbasis etnosains diperoleh thitung = 15,027 > ttabel = 2,021. Maka H0 ditolak yang berarti rata-rata aktivitas belajar kelas yang menggunakan model project based learning berbasis etnosains lebih dari rata-rata aktivitas belajar kelas yang menggunakan model konvensional. Uji ketuntasan klasikal mencapai 88%. dengan hasil pengaruh model project based learning berbasis etnosains sebesar 72% pada tema lingkungan sahabat kita. Maka terdapat pengaruh yang positif model pembelajaran Project Based Learning berbasis etnosains terhadap aktivitas belajar siswa kelas V SDN 03 Lebak.
Kata Kunci :model Project Based Learning, Etnosains, Aktivitas belajar
References
Ari, N. W. (2016). Penerapan Project Based Learning Berbantu video untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ipa di SD.,4(1):1-11
Fathurrohman, M. (2015). Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik, O. (2007). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mayang Indrawati, A. Q. (2016). Keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnosains pada Materi Bioteknologi untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.id/index.php/pensa/article/view/1891. diakses pada 15 Desember 2019
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Sudirman,Farida.(2017).Penerapan Model Project Based Learning Materi Kalor Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa XI MAN Baraka.Skripsi:1-60
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf. diakses pada 3 Januari 2020
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)