SaPengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Etnosains Tema Lingkungan Sahabat Kita Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 03 Lebak Jepara Jawa Tengah

Authors

  • Dyka Uswatun Khasanah FIP, Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane
  • Mila Karmila Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.932

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa kelas V SD pada tema lingkungan sahabat kita. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbasis Etnosains tema lingkungan sahabat kita terhadap aktivitas belajar siswa kelas V SDN 03 Lebak. Penelitian ni dilaksanakan pada salah satu SDN di Jepara yang berjumlah 25 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu “nonprobability samplingâ€. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model Project Based Learning berbasis etnosains diperoleh thitung = 15,027 > ttabel = 2,021. Maka H0 ditolak yang berarti rata-rata aktivitas belajar kelas yang menggunakan model project based learning berbasis etnosains lebih dari rata-rata aktivitas belajar kelas yang menggunakan model konvensional. Uji ketuntasan klasikal mencapai 88%. dengan hasil pengaruh model project based learning berbasis etnosains sebesar 72% pada tema lingkungan sahabat kita. Maka terdapat pengaruh yang positif model pembelajaran Project Based Learning berbasis etnosains terhadap aktivitas belajar siswa kelas V SDN 03 Lebak.

Kata Kunci :model Project Based Learning, Etnosains, Aktivitas belajar

Author Biographies

Dyka Uswatun Khasanah, FIP, Universitas PGRI Semarang

Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mila Karmila, Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas PGRI Semarang

Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Ari, N. W. (2016). Penerapan Project Based Learning Berbantu video untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ipa di SD.,4(1):1-11

Fathurrohman, M. (2015). Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. (2007). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mayang Indrawati, A. Q. (2016). Keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnosains pada Materi Bioteknologi untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.id/index.php/pensa/article/view/1891. diakses pada 15 Desember 2019

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Sudirman,Farida.(2017).Penerapan Model Project Based Learning Materi Kalor Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa XI MAN Baraka.Skripsi:1-60

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf. diakses pada 3 Januari 2020

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles