Pengembangan Media Ular Tangga Carakan untuk Keterampilan Membaca dan Menulis Aksara Nglegena Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.933Abstract
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca dan menulis aksara ngelegena siswa sekolah dasar khusunya yaitu pada kelas III. Siswa kurang terampil dalam membaca dan menulis aksara ngelegena dikarenakan kurangnya media yang membuat siswa tertarik dalam pembelajaran. Oleh karena itu guru dan siswa membutuhkan adanya media yang inovatif dan interaktif, salah satunya dengan mengembangkan media ular tangga carakan guna membantu keterampilan membaca dan menulis aksara ngelegena siswa sekolah dasar khusunya siswa kelas III. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media ular tangga carakan untuk keterampilan membaca dan menulis aksara nglegena siswa sekolah dasar?. Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah untuk membantu keterampilan membaca dan menulis aksaran nglegena siswa sekolah dasar khusunya siswa kelas III Penelitian dan pengembangan media dilaksanakan di SDN Pohgading Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Tahap dalam pengembangan ini yaitu menggunakan model Borg and Gall. Berikut langkah-langkah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang sudah dimodifikasi oleh peneliti yaitu: (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk. Pengembangan medi ular tangga carkan ini telah berhasil diujiobakan kepada siswa dengan hasil yang sangat baik. Hasil penelitian diperoleh dari validasi ahli materi, media. Hasil dari ahli materi, media serta guru menunjukkan rata-rata persentase kelayakan sebesar 94%. Hasil respon guru mendapatkan persentase 98% dan hasil respon siswa dengan persentase 100%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media ular tangga carakan yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Baik Sekaliâ€.         Â
Kata kunci: Media Ular Tangga Carakan, keterampilan membaca dan menulis, Nglegana AksaraÂ
References
Febnasari, S. D., Arifin, Z., & Setianingsih, E. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi “TPS†untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 315-323.
Hidayati, R., Suyitno, Y. P., & Artharina, F. P. (2019). Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 112-116.
Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor: 423.5/5/2010 tentang Kurikulum Mata Pelajaran Muatan Lokal (Bahasa Jawa) untuk Jenjang Pendidikian SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs Negeri dan Swasta Provinsi Jawa Tengah.
Kusuma, E. A. (2015). Pengembangan Media Sinau Maca Aksara Jawa (Si Marja) dalam Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV SD N Keputran A Yogyakarta. BASIC
Nurlita, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Aksara Jawa Edukatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran 02 Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah No. 9 Tahun 2012 Tentang Bahasa, Sastra, Dan Aksara Jawa.
Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 57 Tahun 2013 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Bahasa, Sastra, Dan Aksara Jawa.
Rahmawati, L. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Membaca Aksara Jawa Nglegena Melalui Strategi Index Card Match Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Kedawung Kabupaten Banjarnegara (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Sariroh, I. (2016). Pengembangan Media Tali Andha Aksara Jawa untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas V SD. BASIC EDUCATION, 5(18), 1-754.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Undang – undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002. Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)