Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Kelas V SDN Gunungpati 02
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.934Abstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan peserta didik yang belum mampu menyelesaikan soal pemecahan matematika materi pecahan. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SDN Gunungpati 02 Semarang pada mata pelajaran matematika, salah satunya dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan. Penelitian ini dilakukan di SDN Gunungpati 02 Semarang dengan subjek penelitian berjumlah 24 peserta didik. Prosedur analisis kesalahan peserta didik yang digunakan adalah Prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis, wawancara dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan pada masing-masing butir soal dengan berbagai tipe kesalahan, yakni kesalahan membaca sebanyak 16 kali dengan presentase 11,11% dalam kategori kesalahan rendah, kesalahan memahami masalah adalah sebanyak 30 kali dengan presentase 20,83% dalam kategori kesalahan rendah, kesalahan transformasi adalah sejumlah 80 kali dengan presentase 55,56% dalam kategori kesalahan sangat tinggi, kesalahan proses perhitungan adalah sejumlah 36 kali dengan presentase 25,00% dalam kategori kesalahan cukup tinggi, dan kesalahan penarikan kesimpulan adalah sebanyak 78 kali dengan presentase 54,17% dalam kategori kesalahan tinggi.
Keywords: Â
Error Analysis, fractional matter, Newman Procedure
Â
References
Ayuningtyas, M., W., & Sukamto. (2018, September). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018.
Badriyah, N., Sukamto, S., & Subekti, E. E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III SDN Lamper Tengah 02. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 10-15.
Fadilah, A. R., Subekti, E. E., & Suyitno, S. (2018, July). KEEFEKTIFAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBANTU MEDIA RODA PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V SDN KOPEK GODONG GROBOGAN. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018.
Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in assam (india): an analysis using newman procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(1), 17-21.
Karnasih, I. (2015). Analisis kesalahan Newman pada soal cerita matematis (Newmans error analysis in mathematical word problems). Jurnal Paradikma, 8(01), 37-51.
Rahardjo, M., & Waluyati, A. (2011). Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.
Undang-undang No. 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)