Keefektifan Media Scrapbook pada Tema 3 dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.937Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penggunaan media scrapbook dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang, mengetahui apakah penggunaan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang. Jenis penelitian ini kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan pre-eksperimental desigen dengan jenis desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, Â dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yakni, setelah diberikan perlakuan menggunakan media keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari perhitungan uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,941 > 1,696) maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan terkait keterampilan komunikasi siswa. Nilai rata-rata hasil pretest sebesar 65,00 dan rata-rata hasil postest sebesar 79,77. Selanjutnya dilihat dari perhitungan uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,183 > 1,696) maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan terkait hasil belajar siswa.
Kata kunci : Media Scrapbook, pembelajaran tematik, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penggunaan media scrapbook dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang, mengetahui apakah penggunaan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang. Jenis penelitian ini kuantitatif, dengan menggunakan pendekatanpre-eksperimental desigendengan jenis desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, Â dan dokumentasi.Hasil penelitian yang diperoleh yakni, setelah diberikan perlakuan menggunakan media keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari perhitungan uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,941 > 1,696) maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan terkait keterampilan komunikasi siswa. Nilai rata-rata hasil pretest sebesar 65,00 dan rata-rata hasil postest sebesar 79,77. Selanjutnya dilihat dari perhitungan uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,183 > 1,696) maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan terkait hasil belajar siswa.
Kata kunci : Media Scrapbook, pembelajaran tematik, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar.
References
Albab, U. (2016). Pengaruh Model Group Investigation Berbantuan Science Chain Card Tema Gerak Terhadap Kemampuan Berpikir Logis dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Damayanti, M. (2017). Pengaruh media scrapbook (buku tempel) terhadap hasil belajar siswa materi keragaman rumah adat di Indonesia kelas IV sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3).
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 1(1), 35
Hikmah, N. & Purnamasari. (2017). Pengembangan Vidio Animasi “Bang Dasi†Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasarâ€. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar 4(2),182-191
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Izzaty, R. E.,Suardiman, Siti, P., Yulia, A., Purwandari, Hiryanto, & Endang, K. R. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Sadiman, Arif, S., Rahardjo, Anung, H., & Harjito. (2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Pustaka.
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sari, D. L. K. & Mintohari. (2018). Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Sumber Energi Siswa Kelas Iv Sdn Lidah Kulon Iv Surabaya. Jurnal JPGSD 6(5), 694.
Soegeng. (2017). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Tupakhah, A. (2015). Implementasi Penggunaan Media Variatif Pada Pembelajaran Tematik Tema Pahlawanku Kelas Iv Di Sd Islam Al Azhar 29 Bsb Semarang. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang: Semarang.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 Tentang Tujuan Pendidikan Nasional.
Yudhistira, D. (2014). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas V Sdn Karangkandri 04 Cilacap. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Yusefni, W. (2015). Implementasi Pembelajaran IPA terpadu Menggunakan Pendekatan Science Writing Heuristic (SWH) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berkomunikasi Siswa SMP (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)