Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra sebagai Upaya Pembentukan Civic Disposition Peserta Didik di SD Negeri Sambiroto 01 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.938Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan Civic Disposition (karakter kewarganegaraan) peserta didik melalui ekstrakurikuler Paskibra di SD Negeri Sambiroto 01 Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dapat mengupayakan pembentukan Civic Disposition (karakter kewarganegaraan) peserta peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan di SD Negeri Sambiroto 01 Semarang dengan jumlah 52 Peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dapat mengupayakan pembentukan karakter kewarganegaraan. Pembentukam karakter kewarganegaan tersebut meliputi pembentukan sikap disiplin, bertanggung jawab, keberanian, kesopanan, kepedulian, hidup rukun. Dapat dilihat ketika peserta didik mengikuti kegiatan ekstarkurikukuler Paskibra dengan mengikuti tata tertib, peserta didik mampu menjadi contoh untuk teman-teman yang lain, peserta didik memiliki jiwa korsa dan peduli terhadap teman, peserta didik mengikuti ekstrakurikuler Paskibra tanpa paksaan. Selain itu peserta didik dapat mengekspresikan sikap cinta tanah air dan sebagai generasi penerus bangsa, peserta didik wajib memiliki karakter kewarganegaraan sesuai dengan dasar negara Indonesia.
Â
Kata Kunci: Ekstakurikuler, Civic Disposition, Paskibra.
References
Lestari, Ria Yuni. 2016. “Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didikâ€. Program Studi PPKn Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Srang.Vol 1 Number 2. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UCEJ/article/view/1887 (diakses pada 17 November 2019 Pukul 19.37)
Saputra, Eko.2016. kompetensi sosial pada remaja yang mengikuti ekstrakurikuler paskibra dan tidak mengikuti ekstrakurikuler paskibra. fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/34258/1/jiptummpp-gdl-ekosaputra-43409-1-kompeten-r.pdf (diakses 28 Maret 2020 Pukul 21.04)
Sa’adiyyah Ade M dan Dede Rohmat H. 2019. “Peran Ekstrakurikuler Paskibra untuk Meningkatkan Siswa di SMPN 2 Cadasari Kabupaten Pandeglangâ€. Universitas Banten Jaya. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/propatria/article/view/591/287 (diakses 11 November 2019 Pukul 07.44)
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
________. 2017. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumanta, M dan Fitria J. 2017. Peraturan Baris-berbaris. Jakarta: Erlangga
Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Srategi, dan Penilaian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)