Penggunaan Media Montase untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.939Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang mendukung pada mata pelajaran IPA, IPA dipandang sebagai mata pelajaran yang kurang diminati, sulit dipahami dan membosankan oleh sebagian besar siswa. Sehingga pada saat pembelajaran siswa mudah merasa jenuh, mudah mengantuk, kurang aktif, dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penggunaan media montase terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 02 Tanjungsari Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Pre-Experimental dengan model One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 02 Tanjungsari Pemalang. Sampel yang diambil adalah semua siswa kelas V SD Negeri 02 Tanjungsari Pemalang yang berjumlah 24 siswa dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh hasil  sebesar 10,305 dan koefisien signifikan pada taraf 5% dan db = 24 – 1 = 23 maka diperoleh  sebesar 2,06866 jadi nilai  >  maka  ditolak dan  diterima artinya penggunaan media montase dapat meningkatkan minat belajar siswa. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan media montase dapat  meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 02 Tanjungsari Pemalang.          Â
Kata Kunci: Media montase, Minat Belajar Siswa, IPA
Â
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)