Analisis Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter(PPK) di SD Negeri Bugangan 02 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.940Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dari program pemerintah terkait dengan penguatan pendidikan karakter(PPK) di SD Negeri Bugangan 02 Semarang Kelurahan Bugangan Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas terutama kelas V dan VI, dan siswa kelas V dan VI. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data yaitu observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat implementasi penguatan pendidikan karakter yang dijalankan sudah baik. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru dan siswa, diperkuat dengan hasil angket yang menunjukan empat nilai utama karakter dikriteriakan membudaya menunjukkan pelaksanaan penanaman nilai karakter sudah berjalan dengan baik. Serta hasil observasi oleh peneliti yang mendukung dua metode lainnya. Adanya pembiasaan yang dilakukan oleh sekolah baik dilaksanakan oleh guru maupun siswa. Program sekolah mendukung adanya penguatan pendidikan karakter. Hal tersebut dapat dilihat dalam proses pembelajaran, ekstrakulikuler, dan kegiatan sekolah lainnya.
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Peserta Didik
References
Amirulloh.2015.Teori Pendidikan Karakter Remaja Dalam Keluarga.Bandung : Alfabeta
Damayanti, F., Setianingsih, E. S., & Wakhyudin, H. 2019. Analisis Pelaksanaan Program PPK Melalui Kegiatan Tadarus Dalam Mengembangkan Nilai Religius. Jurnal For Lesson and Learning Studies, 2(2), 250-257. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/19150. (diakses pada tanggal 1 Agustus 2020)
Darmiatun,Daryanto Suryanti dan Bintoro.2013.Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta : Dava Media.
Hidayatullah,M.Furqon.2010.Pendidikan Karakter : Membangun Peradaban Bangsa.Surakarta.:Yuma Pustaka
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Kajian dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Majid,Abdul.2011.Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung.: PT Remaja Rosdakarya
Perpres 2017 No. 87 Pasal 3, Penguatan Pendidikan Karakter
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)