Implementasi Model Paired Story Telling Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Ketrampilan Bercerita Siswa Kelas IV Tema Kayanya Negeriku SDN 4 Damarjati Kalinyamatan Jepara

Authors

  • Tyas Anggun Firdausia Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima Artharina Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Arief Budiman Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.943

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan bercerita dengan menggunakan model Paired Story Telling berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IV Tema kayanya negeriku di SDN 4 Damarjati Kalinyamatan Jepara. Model Paired Story Telling dipilih dikarenakan pada dasarnya model tersebut kreatif dalam membantu mengembangkan potensi bercerita siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Damarjati pada kelas IV dengan jumlah 34 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan menggunakan tes kemampuan bercerita. Desain yang digunakan penelitian adalah 0ne-Group-Pretest-Posttest dan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan statistika deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian berupa indikator kemampuan bercerita yang diturunkan dari aspek nonkebahasaan. Hasil ketuntasan klasikal belajar Pretest-Posttest terdapat perbedaan dari 32% menjadi 76%. Maka hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan ketrampilan bercerita setelah menggunakan model Paired Story Telling berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IV SDN 4 Damarjati Kalinyamatan Jepara.

Kata Kunci : model Paired Story Telling, kearifan lokal, ketrampilan becerita.

References

Fathurrohman. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saleh, N. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Paired Storytelling Dalam Ketrampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 11 Makasar. Procedings Of National Seminar Research and Community Service Institute Universitas Negeri Makassar, Makassar: 6 Oktober 2017. Hal. 260.

Sanjaya, A. (2016). Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa dan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi . Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Agus dan Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles