Efektivitas Pendidikan Sebaya terhadap Peningkatan Pengetahuan Perubahan dan Perawatan Genetalia Remaja pada Siswi Putri di SD N 1 Langensari
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijm.v2i1.170Abstract
Infeksi genetalia adalah penyakit yang sering terjadi pada wanita. Infeksi tidak hanya disebabkan karena hubungan seksual, namun bisa disebabkan karena masalah hygiene. Saat menstruasi lebih beresiko terjadi infeksi. Banyak siswa yang belum memiliki pengetahuan tentang perubahan pada genetalia, sehingga ketika datang menstruasi siswa tidak tau bagaimana cara melakukan perawatan yang baik dan siswa cenderung malu untuk menanyakan atau berkonsultasi. Peran pendidik sebaya dapat membantu para remaja untuk lebih nyaman berdiskusi perubahan dan perawatan genetalia saat menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendidikan sebaya terhadap peningkatan pengetahuan perubahan dan perawatan genetalia remaja pada siswa putri. Penelitian dilaksanakan di SD N I Langensari . Populasi adalah semua siswa putri kelas IV dan V. Teknik pengampilan sampel adalah total sampling sejumlah 13 orang. Analisis data menggunakan uji t test Hasil penelitian menunjukkan bahawa ada perbedaan antara pengetahuan seblum dan sesudah dilakukan pendidikan sebaya dengan p value : 0.0001. Hasil ini menunjukkan bahwa pendidikan sebaya sangat efektif dalam meningkatkan pengetahuan oleh karenanya pendidikan sebaya dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam promosi kesehatan.Downloads
References
Abrori, Hernawan AD dan Ermulyadi .(2017). Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Keputihan Patologis Siswi SMAN 1 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara. Unnes Journal of Public Health 6 (1).24 – 34
Ardiyanti Y, Lusiana N, Megasari K.(2015). Bahan Ajar AIDS Pada Asuhan Kebidanan.Deepuplish: Yogyakarta
Anas SH.(2010). Jurnal Studi Gender dan Anak YIN YANG. Vol 1(1). 199-214
Anita S dan Sinu E (2115). Menstrual Knowledge and Coping Strategies of Early Adolescent Girls: A School Based Intervention Study.Journal Of School Social Work. Vol 11(12).05-15
Gustina E dan Jannah SN.(2015). Sumber Informasi dan Pengetahuan Tentang Menstrual Hygiene Pada Remaja Putri. Jurnal Kesehatan Masyarakat.Vol 10(2).147-152
Mainbolagh et all.(2012). The effect of peer education based on health belief model on nutrition behaviors in primary school boys. Journal of Research and Health. Vol 2 (2). 214-225
Maulana, Heri DJ.(2013). Promosi Kesehatan.Jakarta: EGC
Mubarak, Wahid Iqbal. (2011). Promosi Kesehatan untuk kebidanan. Jakarta :Salemba Medika.
Muthoharoh S, Widiyawati R (2018). JPengaruh Health Education Terhadap Perilaku Vulva Hygiene Saat Menstruasi Anak SD Umur 11-13 Tahun di SDN Mojosari Kabupaten Mojokerto.urnal Nurse and Health vol 7 (1).61- 70
Prawirohardjo, Sarwono. (2011). Ilmu Kandungan. Jakarta : PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo
Puspitaningrum D, Suryoputro A, Widagdo L.(2012). Praktik Perawatan Organ Genitalia Eksternal pada Anak Usia 10-11 Tahun yang Mengalami Menarche Dini di Sekolah Dasar Kota Semarang. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol.7.(2).126 – 135
Purnomo KI. Murti B.Suriyas P.(2013). Perbandingan Pengaruh Metode Pendidikan Sebaya dan Metode Ceramah Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pengendalian HIV/AIDS Pada Mahasiswa Fakultas Olahraga Dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Magister Kedokteran. Vol 1(1). 49-56
Sinaga E, dkk.(2017). Manajemen Kesehatan Menstruasi. Global One
Sri Lestariningsih. (2015).Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Praktik Higiene Menstruasi Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai Volume VIII (2).15-22
USAID Project Search Supporting Evaluation and Research to Combat HIV AIDS .(2010). Peer Education Rigorous Evidence – Usable Results
Wawan, A dan Dewi, M. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Manusia.. Yogyakarta : Nuha Medika
White S et all. (2009). Longitudinal Evaluation of Peer Health Education on a College Campus: Impact on Health Behaviors. JOURNAL OF AMERICAN COLLEGE HEALTH, Vol. 57 (5).497-505
WHO.(2015). Adolescent peer education in formal and non-formal settings Report of an intercountry workshop Monastir, Tunisia.Dar Mourad:Kairo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.