Korelasi Pola Makan dengan Kejadian Anemia pada Kehamilan di Puskesmas Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan Provinsi Banten

Authors

  • Reni Nofita Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten
  • Dorsinta Siallagan
  • Yuliyanti Yuliyanti

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijm.v2i2.260

Abstract

Anemia pada kehamilan berpotensial membahayakan ibu dan anak. Berdasarkan Riskesdas 2013 prevalensi anemia pada ibu hamil di Indonesia sebesar 37,1%, ini menunjukkan angka kejadian anemia kehamilan di Indonesia masih cukup tinggi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola makan dengan kejadian resiko tinggi anemia pada ibu hamil di puskesmass Kec, Ciputat timur. Metode penelitian ini adalah kuantitatif  dengan rancangan penelitian cross sectional study. Lokasi penelitian dilakukan di Puskesmas kec, Ciputat timur, Rengas, Pisangan, Pondok ranji. Sampel pada penelitian ini sebanyak 84 ibu hamil Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan Chi Square Hasil penelitian dari 84 ibu hamil, didapatkan 20,9% mengalami anemia Terdapat hubungan yang signifikan antara keteraturan pola makan dengan kejadian anemia. Terdapat hubungan yang signifikan antara cara pengolahan bahan makanan dengan anemia. Terdapat hubungan yang signifikan antara jenis makanan yang di konsumsi dengan kejadian anemia pada kehamilan. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Reni Nofita, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bantennofita.reni@gmail.com

References

Alam, dewi kartika. (2012.). Warning ibu hamil!. Surakarta : ziyad visi medika,

Arisman, (2006) dr. Buku ajar ilmu gizi : gizi dalam daur kehidupan. Jakarta : egc,

Astriana w, (2017), kejadian anemia pada ibu hamil dotinjau dari paritas dan usia. Diakses melalui file:///d:/master/downloads/57-203-2-pb.pdf. Pada tanggal 4 mei 2019.

Cunnigham, f. Gary, et al. (2005). Perawatan maternitas dan ginekologi. Bandung: yia-pkp. obsterti wiliams. Edisi 21.

DEPKES. (2001). Program penanggulangan anemia gizi pada wanita usia subur (wus). R.i., departemen kesehatan. Direktorat gizi masyarakat, jakarta : safe motherhood project, a partnership and family approach,.

Elisabeth,lalita. 2013.asuhan kebidanan kehamilan.in media

Fifi. M. Liow, nova. H. Kapantaw. Nancy. (2012). malonda..hubungan antara status ekonomi dengan anemia ibu hamil di desa sapa kecamatan tenga kabupaten minahasa selatan

Jumirah, dkk. 1999. Anemia ibu hamil dan faktor-faktor yang mempengaruhi serta dampaknya pada berat bayi lahir di kecamatan medan tuntungan kotamadya medan. Laporan penelitian. Medan

Kementerian kesehatan ri 2014, pedoman gizi seimbang. Bakti husada., jakarta diakses melalui http://gizi.depkes.go.id/download/pedoman%20gizi/pgs%20ok.pdf.

Khomsan,( 2005). gizi ibu hamil. Jakarta :egc,

Kristiyanasari, w. (2010). Gizi ibu hamil. Yogyakarta : nuha medika.

Mandriawati, g.a. (2006). penuntutan belajar asuhan kebidanan ibu hamil. Jakarta :egc

Manuaba, i b g. (2010). Ilmu kebidanan, penyakit kandungan, dan kb untuk pendidikan bidan. Jakarta : egc,

Manuaba, ibg. (2010). Ilmu kesehatan, penyakit kandungan dan keluarga berencana. Jakarta : egc.

Manuaba, ida bagus gede. (2012). Ilmu kebidanan, penyakit kandungan, dan kb untuk pendidikan bidan. Jakarta : egc,

Mariana d, wulandari d., dkk (2018). Hubungan pola makan dengan kejadian anemia pada ibu hamil di wilayah kerja puskesmas. Diakses melalui file:///d:/master/downloads/83-article%20text-771-1-10-20180310.pdf. Pada tanggal 1 mei 2019.

Salmariantity. (2012). Faktor- faktor yang berhubungan dengan anemia pada ibu hamil di wilayah kerja puskesmas gajah mada tembilahan kabupaten indragiri hilir tahun 2012. Jakarta: fk ui.

Sanjaya. (2009). Analisa pola makan ibu hamil dengan kondisi krang energi kronik di kec. Bobotosari kab purbalingga. Jawa tengah:

Saraswati, e. 1998. Resiko ibu hamil kurang energi kronis (kek) dan anemia untuk melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah (bblr). Penelitian gizi dan makanan jilid 21.

Soekidjo. (2005) Promosi kesehatan teori dan aplikasi. Jakarta : pt. Rineka buku,

Sulistyoningsih, h. (2011) gizi untuk kesehatan ibu dan anak. Jogjakarta: graha ilmu.

Wasnidar, dra. (2007). Buku saku anemia pada ibu hami. Jakarta : trans info media,

Downloads

Published

2019-09-27

How to Cite

Nofita, R., Siallagan, D., & Yuliyanti, Y. (2019). Korelasi Pola Makan dengan Kejadian Anemia pada Kehamilan di Puskesmas Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan Provinsi Banten. Indonesian Journal of Midwifery (IJM), 2(2). https://doi.org/10.35473/ijm.v2i2.260

Issue

Section

Articles