Pengaruh Hipnoterapi dan Healing Touch Terhadap Perilaku Hiperaktif pada Anak Autis di SLB N Ungaran
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijm.v2i2.284Abstract
Anak autis kerap memiliki masalah terhadap perilakunya salah satunya hiperaktif. Anak autis dan hiperaktif sama sama memiliki permasalahan pada gangguan konsentrasi. Anak autis dan hiperaktif kerap mengalami kesulitan di sekolah, dirumah, serta lingkungan. Anak kerap dipandang nakal dan tidak jarang mengalami penolakan baik dari keluarga maupun teman dan sulit melakukan komunikasi timbal balik. Hipnoterapi dan healing touch merupakan salah satu terapi dengan memberikan sugesti dikombinasikan dengan terapi sentuhan diharapkan dapat menurunkan tingkat hiperaktif pada anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hipnoterapi dan touch healing terhadap perilaku hiperaktif pada anak autis di SLBN Ungaran. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi eksperiment) dengan rancangan one group pre test-post test design. Sampel pada penelitian ini 15 anak autis dan waktu perlakuan masing-masing sampel 30 menit dalam sehari. Ada perbedaan yang signifikan perilaku hiperaktif sebelum dan sesudah dilakukan hipnoterapi dan healing touh terhadap perilaku hiperaktif anak autis di SLB N Ungaran dengan p value = 0,000 (α=0,05). Diharapkan sekolah dapat menerapkan teknik hipnoterapi dan healing touch untuk menurunkan perilaku hiperaktif pada anak yang berkebutuhan khusus,
Downloads
References
Azhmira. 2015. A Gift Anak Hiperaktif. Yogyakarta: Rapha Publishing
Comark & Holisegr. 2016. Volume 44 issue 2 spring 2016. The significance of comforting touch to children with autism : sensory prosesing implication for occupational therapy. The open journal of occupational therapy.
Dwiastuti. 2016.Pengaruh Terapi Healing Touch Terhadap Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Jepara. JIKK Jurnal
Gunawan, Adi . 2012. Hypnotherapy for children.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Gunawan, Adi. 2012.Hypnosis The Art of Subconcious Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Gunawan, Adi. 2012.Hypnosis The Art of Subconcious Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Klein.2015.Integrative Approaches to caring for children with autism. Journal currets problem in pediatric and adolescent health care.
Liewald.2016. How Healing Touch Can Help Autism: Research & Clinical Triumps To Help Your Child Succeed.Diakses dari https://goodsamintegrative.com/2016/07/27/healing-touch-for-autism
Ling Chang dan Yang Cheng.2015. Mozart music in children with epilepsy. Pubmed,translational Pediatrics.
Low,S.J.X,dkk. 2008. A Descriptive Study of Diagnosis and symptology of A Sample of Autistic Childrenin The klang Valley Region Malaysia. Jurnal psikologi Malaysia
Mansur. 2009. Psikologi Ibu dan Anak untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika
Maria.2014. Pengaruh Terapi Musik Mozart Terhadap Penurunan Perilaku Tantrum Pada Anak Autis di Sekolah Autis Harapan Bunda Surabaya. Journal unair.http://journal.unair.ac.id/pengaruh-terapi-musik-mozart-article-7747-media-126-category-3.html
Masyitah.2015. Strategi dan Metode Pendidikan Seks Untuk Anak Autis. Skripsi S1 FITDK UINSK Yogyakarta
Sampurno.2015. Seni Melukis dan Anak Autis. Yogyakarta:Psikosain.
Sudiro. 2013.Hipnoterapi sebagai salah satu terapi komplementer. Diakses dari https://www.kompasiana.com/achmad.ridwan/552bd4e06ea834392e8b4583/hipnoterapi-sebagai-salah-satu-jenis-terapi-komplementer-alternatif?page=all
Ulfa.2015. Beragam Gangguan Paling sering Menyerang Anak. Yogyakarta:Flashbook
Widajati dan Firdausyiah. 2011. Terapi Musik Klasik Terhadap Perilaku Hiperaktif Pada Anak Autis, Retrivied; 24 Desember 2017, From ; http://ejournal.unesa.ac.id/article/6230/15/article.pdf
Yanti,dkk. 2012. Efektifitas terapi Musik Klasik (Mozart) terhadap Perilaku Agresif Pada Anak Penderita Autisme. From: https://repositori.unud.ac.id/protected/storage/upload/repositori/3fc38b5398f7f8a783164adffc2e621d.pdf.
Yapko, Diane. 2009.Working Hypnotically With Children on The Autism Spectrum. L’ipnosicon I bambini journal
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.