Studi Komparasi Pengetahuan dan Sikap tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi Sesudah Pemberian Edukasi Menggunakan Media Audiovisual dengan Booklet Print

Comparative Study of Knowledge and Attitudes regarding Menstrual Hygiene Management After Providing Education Using Audiovisual Media with Printed Booklets

Authors

  • Umi Aniroh Universitas Ngudi Waluyo
  • Tina Mawardika Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijm.v7i1.3212

Keywords:

Audiovisual,Booklets, Menstrual Hygiene Management, Adolescence girls

Abstract

Adolescent girls are at risk of health problems, especially in their reproductive health, due to poor menstrual hygiene habits as a result of insufficient knowledge and negative attitudes about menstrual hygiene management. There are many ways to increase knowledge and change attitudes to be more positive, including providing health education through audiovisual media and booklets, but related to the ease of access and interest of young women in obtaining information, it is necessary to evaluate the effectiveness of the two methods which is more efficient in increasing knowledge and promoting positive attitudes regarding menstrual hygiene management in adolescent girls.  This study aims to determine the comparison of audiovisual media and booklets on the knowledge and attitudes of adolescent girls  regarding menstrual hygiene management at An Nur Ungaran Middle School.  This quasi-experimental research uses a two group pretest and posttest design. The sample in this study amounted to 38 respondents consisting of 19 respondents in the audiovisual group and 19 respondents in the booklet group. The sampling technique uses total sampling. The research instrument uses a questionnaire regarding knowledge and attitudes about menstrual hygiene management which has been tested for validity and reliability. The data was analyzed univariately to determine the frequency distribution of the variables and bivariate analysis using the paired to t-test and the independent sample t-test.  There is a difference in the average increase in knowledge in the audiovisual and booklet groups, namely 3.002 with a p-value of 0.001 < α (0.05) and there is a difference in the average increase in attitudes in the audiovisual and booklet groups, namely 1.092 with a p-value of 0.001 < α (0 .05) so it can be concluded that there is a significant difference in attitude improvement between the two groups.  Interventions using audiovisual media and booklets are able to increase the knowledge and attitudes of adolescent girls regarding menstrual hygiene management, but using audiovisual media is more effective than booklets.   It is hoped that audiovisual media will be chosen as a medium in health education in conveying information about menstrual hygiene management to adolescent girls.

 

Abstrak

Remaja puteri memiliki risiko terjadi gangguan kesehatan terutama pada kesehatan reproduksinya  karena kebiasaan menjaga kebersihan saat  menstruasi yang  buruk sebagai akibat dari pengetahuan  yang kurang dan sikap negatif tentang manajemen kebersihan menstruasi . Banyak cara untuk meningkatkan pengetahuan  serta merubah sikap menjadi lebih positif, diantaranya dengan memberikan pendidikan kesehatan melalui media audiovisual dan booklet,  namun terkait  dengan kemudahan akses serta minat   remaja puteri  dalam memperoleh informasi, perlu   mengevaluasi efektivitas kedua metode mana yang lebih efisien dalam meningkatkan pengetahuan dan mempromosikan sikap positif terkait  manajemen kebersihan menstruasi pada remaja putri.   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan media audiovisual  dan booklet terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang manajemen  kebersihan  menstruasi di SMP An Nur Ungaran.   Penelitian quasi experiment ini menggunakan rancangan two group pretest and posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 responden yang terdiri dari 19 responden kelompok audiovisual  dan 19 responden kelompok booklet.  Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling.  Instrumen penelitian menggunakan  kuesioner tentang pengetahuan dan sikap manajemen kebersihan menstruasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.  Data dianalisis secara univariat untuk mengetahui distribusi frekuensi dari variabel dan analisis bivariat menggunakan uji  paired sampe t-test dan uji independent sample t-test.   menunjukkan ada perbedaan rerata peningkatan pengetahuan pada kelompok audiovisual dan booklet yaitu 3,002 dengan p-value 0,001 < α (0,05)  dan ada perbedaan rerata peningkatan sikap pada kelompok audiovisual dan booklet yaitu 1,092 dengan p-value 0,001 < α (0,05) sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan selisih peningkatan sikap yang bermakna antara kedua kelompok. Intervensi menggunakan media audiovisual maupun booklet mampu meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang manajemen kebersihan menstruasi, namun lebih efektif  menggunakan media audiovisual dibandingkan dengan booklet.  Diharapkan media audiovisual lebih dipilih sebagai  media  dalam  pendidikan kesehatan dalam menyampaikan informasi tentang manajemen kebersihan menstruasi pada remaja putri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Destariyani, E., Eliana dan Wahyuni, A. D., (2023). Pengaruh Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja Putri Di Smpn 05 Kota Bengkulu.Jurnal Besurek Jidan.Vol 2.No.1April 2023.

Burnet Institute. (2015). Menstrual hygiene management in indonesia.Un derstanding Practices,Determinants and Impacts Among Adolescents School Girls . Final Report 2 February 2015. Burnet Institute.

Mukarramah. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Terhadap Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi.Jurnal Kesehatan Luwu Raya.Vol 7(1) Juli 2020.

Jatmika, S.E.D., Safrilia, F. E., (2019).Perbedaan Edukasi Konsumsi Sayur dan Buah pada Anak SD Menggunakan Metode Ceramah dengan Alat Peraga dan Media Audiovisual.Journal of Indonesian Nutrition Association. 53–60.

Hanifah, R. Oktavia,N.S. & Nelwatri,H., (2022). Perdedaan Efektifitas Pendidikan Kesehatan Melalui Media Animasi Video dan Power Point Terhadap Pengetahuan Remaja Puteri Dalam Menghadapi Menarche.Jurnal Kesehatan Mercusuar. Volume 4 Nomor 2 , 2021. 74–81.

Harahap, H. P., Syari, M., Wau, Y., (2022). Perbandingan Media Penyuluhan Leaflet Dan Audiovisual Dengan Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Personal Hygiene Saat Menstruasi Volume 1 Nomor 3 , Edisi Juni 2022. 79–85.

Zuraida & Laila, I. (2020).Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Akses Informasi dengan Perawatan Organ Genitalia Eksterna di Pesantren Parabek.Menara Ilmu. Vol. XIV(01) 1 Januari 2020, 116–126.

Moelyo, A. G., Wulandari, A., Imas, O., Rahma, U. P., Hidayah, N., Kesumaningtyas, C., Nur, F. T., & Nugroho, H. W. (2019). Paediatrica Indonesiana.Vol. 59(1), 33–37.

Nautiyal, H., Kumari, A., Ranjana, K., & Singh, S. (2021). Knowledge , Attitude and Practice towards Menstrual Hygiene among Adolescent Girls : A case study from Dehradun , Uttarakhand.Himalayan J.Soc.Sci & Humanities.Vol. 16, 35–48.

Ningsih, W. A., Suseno, M. R., Yuni, B., & Hamidiyanti, F. (2021). Remaja Putri Tentang Personal Hygiene Pada Masa Wilayah Kerja Puskesmas Kuripan Kabupaten Lombok Barat 2021. Jurnal Kebidanan. Vol.10 No.2 Oktober 2021.

Nnennaya, E. U., Atinge, S., Dogara, S. P., & Ubandoma, R. J. (2021). Menstrual hygiene management among adolescent school girls in Taraba State , Nigeria. Afri Health Sci. Vol.21(2), 842–851.

Ocviyanti,et al. (2020). Manajemen Kebersihan Menstruasi dan Pencegahan Perkawinan Anak .ed. I.. Pimpinan Pusat Muslimat NU bekerjasama dengan UNICEF.

Ramadhanti, W., & Wijayanti, K. (2023). Pengetahuan Remaja Tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi Berhubungan dengan Sikap Menstrual Hygiene.Surya Medika.Vol. 18(02), 130–139.

Khairunisa.W.Yuliasma & Desfiarni(2018). Meningkatkan Hasil Belajar Tari Siswa Dengan Menggunakan Media Audiovisual Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Tanjung Mutiara.E-Jurnal Sendratasik. Vol.7(1), 35–41.

Marlina,N.N..S.,Suarniti,N.W., & Surati, I. G. A. (2022). Pengaruh Penyuluhan Melalui Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Genetalia.Jurnal Ilmu Kebidanan.Vol. 9(1), 90–97.

Anjan, A. &Susanti, D., (2019). Hubungan Sumber Informasi dengan Perilaku Personal Hygiene pada Remaja Puteri Saat Menstruasi.Caring.Vol. 3, 38–44.

Puspitaningrum, W., Agushybana, F., Mawarni, A., & Nugroho. (2017). Pengaruh Media Booklet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Terkait Kebersihan Dalam Menstruasi Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Demak Triwulan Ii Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol.5, 274–281.

Widarini, N. P., Maryanthi, N. T., Nyoman, N., & Witari, D. (2023). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Personal Hygiene Menstruasi Pada Remaja Putri Di Denpasar Tahun 2022 The Relationship Between Knowledge And Attitude With Personal Hygiene Behavior Of Menstrual Adolescent Women In Denpasar 2022.Jurnal Kesehatan Reproduksi.Vol. 14(1), 19–28.

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Aniroh, U., & Tina Mawardika. (2024). Studi Komparasi Pengetahuan dan Sikap tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi Sesudah Pemberian Edukasi Menggunakan Media Audiovisual dengan Booklet Print: Comparative Study of Knowledge and Attitudes regarding Menstrual Hygiene Management After Providing Education Using Audiovisual Media with Printed Booklets. Indonesian Journal of Midwifery (IJM), 7(1), 115–124. https://doi.org/10.35473/ijm.v7i1.3212

Issue

Section

Articles