Efektifitas Konsumsi Madu Terhadap Peningkatan Berat Badan Ibu Hamil KEK

Authors

  • Dewi Susanti
  • Harmiyati

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijm.v3i1.328

Abstract

LATAR BELAKANG: Status gizi ibu hamil sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin dikandungnya. Ibu hamil dengan status gizi kurang beresiko mengalami komplikasi seperti anemia, perdarahan, berat badan tidak bertambah secara normal selama kehamilan dan penyakit infeksi (Devgun p, 2014). Khasiat madu sebagai suplemen untuk meningkatkan berat badan memberikan hasil yang positif, dimana ditemukan peningkatan berat badan yang signifikan pada anak-anak yang diberikan suplementasi madu yang dikombinasikan dengan temulawak (Yasin 2009).

TUJUAN: mengetahui efektifitas konsumsi madu terhadap peningkatan status gizi ibu hamil KEK

METODE: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi-experimental design. Sampel penelitian berjumlah 32 orang ya g terdiri dari dua kelompok (control dan perlakuan)

HASIL PENELITIAN: uji t test  menunjukkan nilai p value untuk berat badan adalah 0,016 < 0,05 yang artinya ada pengaruh konsumsi madu terhadap berat badan ibu hamil KEK. SIMPULAN: ibu hamil yang mengkonsumsi madu memiliki pertambahan berat badan yang lebih baik disanding ibu hamil KEKyang tidak mengkonsumsi madu. 

Kata kunci: madu, berat  badan, ibu hamil, KEK

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-06

How to Cite

Susanti, D., & harmiyati. (2020). Efektifitas Konsumsi Madu Terhadap Peningkatan Berat Badan Ibu Hamil KEK. Indonesian Journal of Midwifery (IJM), 3(1). https://doi.org/10.35473/ijm.v3i1.328

Issue

Section

Articles