Description of Emotional Intelligence in D3 Midwifery Students
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijm.v3i2.563Abstract
Kompetensi bidan yang utama adalah memberikan asuhan kepada kliennya baik sebagai individu, keluarga dan masyarakat. Salah satu faktor yang mempengaruhi baik tidaknya seorang bidan dalam melaksanakan kompetensinya adalah kecerdasan emosional. Hal tersebut perlu digali termasuk bagi seorang calon bidan, karena akan berpengaruh pada pengelolaan emosinya. Sampai saat ini di Prodi D3 Kebidanan Universitas Pendidikan Ganesha belum pernah dilakukan survey tentang kecerdasan emosional mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran kecerdasan emosional mahasiswa kebidanan. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekatan crossectional. Data kecerdasan emosional mahasiswa didapatkan dengan menggunakan instrumen kuesioner kecerdasan emosional yang terdiri dari 30 butir pernyataan positif dan negatif. Instrumen ini dikembangkan sendiri oleh peneliti dengan melalui uji validitas internal Gregory. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa kebidanan semester IV yang berjumlah 42 orang dan diambil dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dan disajikan dengan statistik deskriptif distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan 7.14% kecerdasan emosional mahasiswa terkategori sangat tinggi, 11.9% terkategori tinggi, 35.71% terkategori cukup, 14.29% terkategori rendah dan 30.95% terkategori sangat rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional mahasiswa sebagian besar berada pada kategori cukup. Dari hasil tersebut diharapkan ada upaya dari institusi untuk meningkatkan kecerdasan emosional mahasiswa salah satunya mengembangkan perangkat pembelajaran dengan memperhatikan kecerdasan emosional sehingga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa.
Downloads
References
Aunurrahman.2016. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Kesepuluh. Alfabeta. Bandung
Budiargo P, Achmad Sopyan. 2015. Analisis Konsep Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Brain Based Learning Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Unnes Journal Of Mathematic Education Reasearch Vol.5 No.1 Tahun 2015. E-ISSN 2562-4507.p-ISSN 2252-6455
Dwi Karina,dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Vol.4 Tahun 2014
Fahrurrozi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Dengan Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kecerdasan Emosional (Lesson Study Pada Mata Kuliah Statistik Elementer). Jurnal Elemen Vol.1 No.2 Juli 2015. Hal. 93-105. STKIP Hamzanwadi Selong
Goleman Daniel. 2001. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Alih Bahasa Alex Tri Kantjono Widodo.Working with Emotional Intelligence.PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Gottman, DeClaire.2003.Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional.Alih Bahasa T.Hermaya. The Heart of Parenting.Jakarta
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Gaung Persada Press. Jakarta
Mulyadi 2016.Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akutansi dan Keuangan. Volume 4 No.2
Norila dan Ikhsan.2014. The Effects of Integrating Emotional Intelligence on Students Attitudes Toward Mathematics. International Journal of Asian Social Science. Vol.4 No.9.Hal. 966-976
Sani, Ferdian.2020. Empat Ciri Orang Dengan Kecerdasan Emosional Baik. Artikel. https://bali.tribunnews.com/2019/08/24/4-ciri-orang-dengan-kecerdasan-emosional-yang-baik-salah-satunya-tidak-baperan?page=2. Diunduh tanggal 15 Juli 2020
Setyawan Andoko Ageng, Dumora Simbolon. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siwa SMK Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika.. Volume 11 No.1
Soebyakto,BB. 2012. An Empirical Testing of Intelligence Emotional and Spiritual Quotients Quality of Manager using Structural Equation Modeling. International Journal of Independent Researh And Studies. Vol.1.No.1. Hal. 1-12
Sri Mulati,Triwik. 2017. Jurnal Kebidanan Dan Kesehatan Tradisional,Volume 2, No 1,Maret 2017, hlm1-59
Sugiyono.2017. Statistika Untuk Penelitian. CV Alfabeta. Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.