Description of Emotional Intelligence in D3 Midwifery Students

Authors

  • Ni Ketut Erawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijm.v3i2.563

Abstract

Kompetensi bidan yang utama adalah memberikan asuhan kepada kliennya baik sebagai individu, keluarga dan masyarakat. Salah satu faktor yang mempengaruhi baik tidaknya seorang bidan dalam melaksanakan kompetensinya adalah kecerdasan emosional. Hal tersebut perlu digali termasuk bagi seorang calon bidan, karena akan berpengaruh pada pengelolaan emosinya. Sampai saat ini di Prodi D3 Kebidanan Universitas Pendidikan Ganesha belum pernah dilakukan survey tentang kecerdasan emosional mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran kecerdasan emosional mahasiswa kebidanan. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekatan crossectional. Data kecerdasan emosional mahasiswa didapatkan dengan menggunakan instrumen kuesioner kecerdasan emosional yang terdiri dari 30 butir pernyataan positif dan negatif. Instrumen ini dikembangkan sendiri oleh peneliti dengan melalui uji validitas internal Gregory. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa kebidanan semester IV yang berjumlah 42 orang dan diambil dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dan disajikan dengan statistik deskriptif distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan 7.14% kecerdasan emosional mahasiswa terkategori sangat tinggi, 11.9% terkategori tinggi, 35.71% terkategori cukup, 14.29% terkategori rendah dan 30.95% terkategori sangat rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional mahasiswa sebagian besar berada pada kategori cukup. Dari hasil tersebut diharapkan ada upaya dari institusi untuk meningkatkan kecerdasan emosional mahasiswa salah satunya mengembangkan perangkat pembelajaran dengan memperhatikan kecerdasan emosional sehingga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aunurrahman.2016. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Kesepuluh. Alfabeta. Bandung

Budiargo P, Achmad Sopyan. 2015. Analisis Konsep Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Brain Based Learning Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Unnes Journal Of Mathematic Education Reasearch Vol.5 No.1 Tahun 2015. E-ISSN 2562-4507.p-ISSN 2252-6455

Dwi Karina,dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Vol.4 Tahun 2014

Fahrurrozi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Dengan Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kecerdasan Emosional (Lesson Study Pada Mata Kuliah Statistik Elementer). Jurnal Elemen Vol.1 No.2 Juli 2015. Hal. 93-105. STKIP Hamzanwadi Selong

Goleman Daniel. 2001. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Alih Bahasa Alex Tri Kantjono Widodo.Working with Emotional Intelligence.PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Gottman, DeClaire.2003.Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional.Alih Bahasa T.Hermaya. The Heart of Parenting.Jakarta

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Gaung Persada Press. Jakarta

Mulyadi 2016.Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akutansi dan Keuangan. Volume 4 No.2

Norila dan Ikhsan.2014. The Effects of Integrating Emotional Intelligence on Students Attitudes Toward Mathematics. International Journal of Asian Social Science. Vol.4 No.9.Hal. 966-976

Sani, Ferdian.2020. Empat Ciri Orang Dengan Kecerdasan Emosional Baik. Artikel. https://bali.tribunnews.com/2019/08/24/4-ciri-orang-dengan-kecerdasan-emosional-yang-baik-salah-satunya-tidak-baperan?page=2. Diunduh tanggal 15 Juli 2020

Setyawan Andoko Ageng, Dumora Simbolon. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siwa SMK Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika.. Volume 11 No.1

Soebyakto,BB. 2012. An Empirical Testing of Intelligence Emotional and Spiritual Quotients Quality of Manager using Structural Equation Modeling. International Journal of Independent Researh And Studies. Vol.1.No.1. Hal. 1-12

Sri Mulati,Triwik. 2017. Jurnal Kebidanan Dan Kesehatan Tradisional,Volume 2, No 1,Maret 2017, hlm1-59

Sugiyono.2017. Statistika Untuk Penelitian. CV Alfabeta. Bandung

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Erawati, N. K. (2020). Description of Emotional Intelligence in D3 Midwifery Students. Indonesian Journal of Midwifery (IJM), 3(2), 130–136. https://doi.org/10.35473/ijm.v3i2.563

Issue

Section

Articles