Pengaruh Senam Otak Terhadap Perilaku Temper Tantrum pada Anak Usia Prasekolah di TK Nurul Ikhsan Kota Semarang

Authors

  • Wiwik Sudarwati Universitas Ngudi Waluyo
  • Rosalina Rosalina Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijnr.v1i1.11

Abstract

Temper tantrum merupakan suatu ledakan emosi kuat sekali yang dapat berisiko menyebabkan cidera pada anak sehingga untuk mengurangi dapat diberikan intervensi berupa senam otak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap perilaku temper tantrum  pada anak usia prasekolah di TK Nurul Ikhsan Kota Semarang. Desain penelitian ini quasi experiment dengan pendekatan non equivalent control group design. Populasi penelitian   adalah anak usia prasekolah di TK Nurul Ikhsan Kota Semarang sebanyak  56 anak (usia 5-6 tahun) dengan sampel 30 responden dan diambil dengan teknik purposive sampling. Alat pengambilan data menggunakan kuesioner.   Analisis   data   yang   digunakan   uji   Mann   Whitney.   Hasil   penelitian menunjukkan  ada pengaruh senam otak terhadap perilaku temper tantrum pada anak usia prasekolah di TK Nurul Ikhsan Kota Semarang dengan p-value(0,003) < α (0,05). Bagi TK Nurul Ikhsan Kota Semarang memberikan senam otak secara kontinyu kepada anak sebelum proses pembelajaran di mulai sehingga dapat membantu menurunkan perilaku negatif  pada  anak  khususnya  temper  tantrum serta  meningkatkan  konsentrasi  belajar sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.

Author Biographies

Wiwik Sudarwati, Universitas Ngudi Waluyo

Fakultas Keperawatan

Rosalina Rosalina, Universitas Ngudi Waluyo

Fakultas Keperawatan

References

Anantasari.2006.Menyikapi Perilaku Agresif

Anak. Yogyakarta: Kanisius.

Chaplin, J. P. 2009, Dictionary of Psychology. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Chosiyah,Nurul.2014. Pengaruh Senam Otak terhadap Penurunan Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir S1

Keperawatan STIKES Ngudi Waluyo Ungaran. Skripsi PSIK STIKES NWU

Habibi, Muazar. (2015). Analisis Kebutuhan

Anak Usia Dini. Yogjakarta

:Deepublish.

Handadari,W. (2007). Peran Educational Kinesiology (senamotak) Pada Kemampuan Belajar Mahasiswa Psikologi UNAIR. Call Number;KKB KK-

Hayes, P. 2008. Pengaruh Teknik Relaksasi.

Yogyakarta: Pustaka Baca.

Muhammad, As‟adi. (2013). Tutorial Senam Otak untuk Umum. Jogjakarta: Flashbooks.

Sukmono. 2011. Mendongkrak Kecerdasan Otak dengan Meditasi. Jakarta: Visi Media.

Yanuarita, Andri. 2012. Memaksimalkan Otak Melalui Senam Otak. Yogyakarta: Teranova Books

Downloads

Published

2018-07-30

How to Cite

Sudarwati, W., & Rosalina, R. (2018). Pengaruh Senam Otak Terhadap Perilaku Temper Tantrum pada Anak Usia Prasekolah di TK Nurul Ikhsan Kota Semarang. Indonesian Journal of Nursing Research (IJNR), 1(1). https://doi.org/10.35473/ijnr.v1i1.11

Issue

Section

Articles