Pengaruh Senam Otak Terhadap Perilaku Temper Tantrum pada Anak Usia Prasekolah di TK Nurul Ikhsan Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijnr.v1i1.11Abstract
Temper tantrum merupakan suatu ledakan emosi kuat sekali yang dapat berisiko menyebabkan cidera pada anak sehingga untuk mengurangi dapat diberikan intervensi berupa senam otak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap perilaku temper tantrum  pada anak usia prasekolah di TK Nurul Ikhsan Kota Semarang. Desain penelitian ini quasi experiment dengan pendekatan non equivalent control group design. Populasi penelitian  adalah anak usia prasekolah di TK Nurul Ikhsan Kota Semarang sebanyak  56 anak (usia 5-6 tahun) dengan sampel 30 responden dan diambil dengan teknik purposive sampling. Alat pengambilan data menggunakan kuesioner.  Analisis  data  yang  digunakan  uji  Mann  Whitney.  Hasil  penelitian menunjukkan  ada pengaruh senam otak terhadap perilaku temper tantrum pada anak usia prasekolah di TK Nurul Ikhsan Kota Semarang dengan p-value(0,003) < α (0,05). Bagi TK Nurul Ikhsan Kota Semarang memberikan senam otak secara kontinyu kepada anak sebelum proses pembelajaran di mulai sehingga dapat membantu menurunkan perilaku negatif pada  anak khususnya  temper  tantrum serta meningkatkan  konsentrasi  belajar sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.
References
Anantasari.2006.Menyikapi Perilaku Agresif
Anak. Yogyakarta: Kanisius.
Chaplin, J. P. 2009, Dictionary of Psychology. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.
Chosiyah,Nurul.2014. Pengaruh Senam Otak terhadap Penurunan Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir S1
Keperawatan STIKES Ngudi Waluyo Ungaran. Skripsi PSIK STIKES NWU
Habibi, Muazar. (2015). Analisis Kebutuhan
Anak Usia Dini. Yogjakarta
:Deepublish.
Handadari,W. (2007). Peran Educational Kinesiology (senamotak) Pada Kemampuan Belajar Mahasiswa Psikologi UNAIR. Call Number;KKB KK-
Hayes, P. 2008. Pengaruh Teknik Relaksasi.
Yogyakarta: Pustaka Baca.
Muhammad, As‟adi. (2013). Tutorial Senam Otak untuk Umum. Jogjakarta: Flashbooks.
Sukmono. 2011. Mendongkrak Kecerdasan Otak dengan Meditasi. Jakarta: Visi Media.
Yanuarita, Andri. 2012. Memaksimalkan Otak Melalui Senam Otak. Yogyakarta: Teranova Books
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)