Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Bengkirai Rumah Sakit Umum Harapan Insan Sendawar Kabupaten Kutai Barat

Authors

  • Sarniati Pademme Poltekes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Supriadi Poltekes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Abd Kadir Poltekes Kemenkes Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijnr.v6i2.2296

Abstract

Communication is an important social contact tool in fostering relationships between individuals and groups. Communication in the nursing profession becomes more meaningful because it is the main method in implementing the nursing process. In the nursing process, the emphasis is more on therapeutic communication, namely communication that is planned consciously, has a purpose and whose activities are focused on the patient's recovery. The aim of this research is to explain the relationship between nurses' therapeutic communication and the level of satisfaction of inpatients in the Bengkirai ward at Harapan Insan Sendawar General Hospital, West Kutai Regency in 2022. This research is a type of quantitative research with an analytical study and a cross sectional design. The population in this study were all patients in the Bengkirai inpatient room at Harapan Insan Sendawar General Hospital with a sample of 67 people. In this research, the sampling technique used was non-probability sampling with purposive sampling technique. Purposive sampling is a technique for determining samples with certain considerations. The results of the Chi Square statistical test obtained a p value = 0.026, which is smaller than the p value, meaning that there is a relationship between nurses' therapeutic communication and the satisfaction level of inpatients in the Bengkirai Room, Harapan Insan Sendawar Regional General Hospital in 2022. It can be concluded that there is a significant relationship between therapeutic communication. nurses on the level of satisfaction of inpatients in the Bengkirai ward at Harapan Insan Sendawar General Hospital, West Kutai Regency.

Abstrak

Komunikasi merupakan alat kontak sosial yang penting dalam membina hubungan antara individu maupun kelompok, komunikasi pada profesi keperawatan menjadi lebih bermakna karena merupakan metode utama dalam mengimplentasi proses keperawatan. Dalam proses keperawatan lebih menitikberatkan pada komunikasi terapeutik, yaitu komunikasi yang direncanakan secara sadar, bertujuan dan kegiatannya dipusatkan untuk kesembuhan pasien. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di ruang bengkirai Rumah Sakit Umum Harapan Insan Sendawar Kabupaten Kutai Barat Tahun 2022. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan studi analitik dan dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien di ruang rawat inap Bengkirai Rumah Sakit Umum Harapan Insan Sendawar dengan sampel berjumlah 67 orang. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan merupakan non-probobality sampling dengan teknik purposive Sampling. Purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil uji statistik Chi Square  diperoleh nilai p = 0,026 lebih kecil dari nilai p value artinya terdapat hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di Ruang Bengkirai Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar Tahun 2022. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara komunikasi terapeutik perawat terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di ruang bengkirai Rumah Sakit Umum Harapan Insan Sendawar Kabupaten Kutai Barat.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

pademme, sarniati, Supriadi, & Abd Kadir. (2023). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Bengkirai Rumah Sakit Umum Harapan Insan Sendawar Kabupaten Kutai Barat . Indonesian Journal of Nursing Research (IJNR), 6(2), 74–82. https://doi.org/10.35473/ijnr.v6i2.2296

Issue

Section

Articles