Gambaran Pendekatan Keluarga Dalam Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan terhadap Tingkat Pengetahuan Perawatan Penyakit Kronis

Authors

  • Fiktina Vifri Ismiriyam Universitas Ngudi Waluyo
  • Wulansari Universitas Ngudi Waluyo

Abstract

The family approach is one form that can be taken by health workers to empower the potential of a family in increasing involvement in overcoming health problems. Family involvement in overcoming health problems is very necessary to increase the potential that exists within a family. Family potential will be optimal if the level of knowledge about care increases, and one way of increasing knowledge about health is obtained by providing health education. Family health problems will occur in families with a history of chronic disease in their family members. The aim of this research is to determine the level of knowledge of caring for a family with chronic disease health problems through health education using a family approach method. The method used is a pre-experimental research method, one group pretest-posttest. At the beginning of the activity, an assessment of family knowledge regarding caring for family members was carried out. Next, health education is carried out for the family and ends with a posttest assessment. The family approach chosen involves the involvement of some or all family members in health education activities. The results obtained from this activity were an increase in family knowledge about caring for family members with chronic illnesses. The conclusion is that health education with a family approach has an influence on increasing family knowledge. The suggestion is that the family approach be implemented sustainably and can use indirect face-to-face as well

Abstrak

Pendekatan keluarga merupakan salah satu bentuk yang dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan untuk dapat memberdayakan potensi dari sebuah keluarga dalam meningkatkan keterlibatan dalam mengatasi masalah kesehatan. Keterlibatan keluarga dalam mengatasi masalah kesehatan sangat diperlukan untuk meningkatkan potensi yang ada di dalam sebuah keluarga. Potensi keluarga akan optimal jika Tingkat pengetahuan tentang perawatan meningkat, dan peningkatan pengetahuan tentang kesehatan salah satunya didapatkan dengan cara pemberian Pendidikan kesehatan. Masalah kesehatan keluarga akan terjadi pada keluarga dengan Riwayat penyakit kronis pada anggota keluarganya. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat pengetahuan perawatan sebuah keluarga dengan masalah kesehatan penyakit kronis melalui pendidikan kesehatan dengan metode pendekatan keluarga. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian pra eksperimen one group pretest-posttest. Pada awal kegiatan dilakukan penilaian pengetahuan keluarga tentang perawatan anggota keluarga. Selanjutnya dilakukan edukasi kesehatan pada keluarga dan diakhiri dengan penilaian posttest. Pendekatan keluarga yang dipilih melalui keterlibatan Sebagian atau seluruh anggota keluarga mengikuti kegiatan Pendidikan kesehatan. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan keluarga tentang perawatan anggota keluarga yang sakit penyakit kronis. Kesimpulannya bahwa pendidikan kesehatan dengan pendekatan keluarga memiliki pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan keluarga. Sarannya adalah pendekatan keluarga dilaksanakan keberlanjutan dan dapat menggunakan tatap muka tidak langsung juga.

Author Biography

Fiktina Vifri Ismiriyam, Universitas Ngudi Waluyo

Keperawatan Nursing

References

Dinkes Propinsi. (2014). Dinas kesehatan Propinsi Jawa Tengah.

Friedman, M. (2010). Buku Ajar Keperawatan keluarga : Riset, Teori, dan Praktek (V). EGC. Jakarta.

Mas’udah, S. (2013). Buku Sosiologi Keluarga : konsep, teori dan permasalahannya.

Mujiadi, R. S. (2022). Buku Ajar Keperawatan Gerontik. e-book.

Notoadmojo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Permenkes. (n.d.). Permenkes No.3 Tahun 2016 tentang Pedoman penyelenggaraan PIS-PK.

Pocko, B. (2011). Peran mindset terhadap resilien keluarga pada dewasa.

Rokom. (2019). Buku Monitoring dan Evaluasi Progran PIS-PK. Sehat Negeri.Kemenkes.Go.Id.

Rusdianah, E., & Widiarini, R. (2019). Evaluasi Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (Pis-Pk):Studi Kasus Di Puskesmas. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 8(4), 175–183.

Suharmi Arikunto. (2010). Metodologi Penelitian.

Ummu Muntamah, & Wulansari. (2022). Prevalensi Diabetes Distress Dan Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Diabetes Distress Pada Pasien Dm Tipe 2 Di Puskesmas Kabupaten Semarang. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 4(1), 44–53. https://doi.org/10.55606/sinov.v5i1.214

Violita, F. (2023). PIS-PK : Progran Indonesia Sehat dengan Pendekatan keluarga. Kesehatan Masyarakat.

Wulansari, & Diki Aji Saputra. (2021). Pengaruh Intervensi Edukasi Kesehatan Terhadap Masalah Manajemen Kesehatan Tidak Efektif Pada Keluarga Dengan Riwayat Diare Anak Berulang. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 4(1), 108–116.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Fiktina Vifri Ismiriyam, & Wulansari. (2024). Gambaran Pendekatan Keluarga Dalam Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan terhadap Tingkat Pengetahuan Perawatan Penyakit Kronis. Indonesian Journal of Nursing Research (IJNR), 7(1), 8–13. Retrieved from https://jurnal.unw.ac.id/index.php/ijnr/article/view/3179

Issue

Section

Articles