Fungsi Perawatan Kesehatan Keluarga Ibu Hamil dengan Anemia di Poliklinik Kebidanan RSUD Kabupaten Garut

Authors

  • Theresia Eriyani Universitas Padjadjaran Kampus Garut
  • Iwan Shalahuddin Universitas Padjadjaran Kampus Garut
  • Witdiawati Witdiawati Universitas Padjadjaran Kampus Garut

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijnr.v1i1.9

Abstract

Perdarahan  karena anemia gravidarum  merupakan masalah kesehatan yang utama yang merupakan penyebab  paling banyak menimbulkan gangguan pada janin yang dikandung dan penyebab kematian pada ibu hamil saat melahirkan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya anemia pada ibu hamil yaitu faktor kurangnya konsumsi makanan yang kaya akan zat besi, kebutuhan yang tinggi pada wanita hamil juga faktor keluarga (kondisi keluarga) dalam hal ini mempunyai kontribusi yang penting artinya bagaimana keluarga berfungsi merawat ibu hamil dengan anemia. Berdasarkan hal tersebut, penulis merasa tertarik untuk meneliti fungsi perawatan keluarga terhadap ibu hamil dengan anemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran fungsi perawatan kesehatan keluarga pada ibu hamil dengan anemia di Poliklinik Kebidanan RSUD Kab. Garut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik total sampel dengan 50 orang responden. Hasil analisis penelitian menunjukan ketidakselarasan antara hasil penelitian tentang fungsi perawatan kesehatan yang meliputi praktik gaya hidup, praktik lingkungan dan praktik preventif berdasarkan medis yang secara umum cukup baik dengan ibu hamil yang tetap menderita anemia. Banyak fungsi yang harus dikaji pada keluarga yang mengalami masalah kesehatan diantaranya fungsi afektif, fungsi sosial dan fungsi ekonomi, selain itu apakah dalam praktiknya keluarga mempunyai pengetahuan, motivasi, keterampilan keluarga dan koordinasi keluarga yang cukup baik. Simpulan dari penelitian ini adanya ketidakselarasan antara hasil penelitian dengan ibu hamil yang tetap menderita anemia, oleh karena itu perlu dilakukan kerjasama dengan puskesmas tentang reveral system, dibuat protap untuk ibu hamil dengan anemia dan dilakukannya kunjungan rumah oleh perawat.

Author Biographies

Theresia Eriyani, Universitas Padjadjaran Kampus Garut

Fakultas Keperawatan

Iwan Shalahuddin, Universitas Padjadjaran Kampus Garut

Fakultas Keperawatan

Witdiawati Witdiawati, Universitas Padjadjaran Kampus Garut

Fakultas Keperawatan

References

Aritonang, E. (2010). Kebutuhan Gizi Ibu

Hamil.

Arykunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT RinekaCipta: Jakarta.

Friedman, M. M., Bowden, V. R., & Jones, E. G. (2010). Buku ajar keperawatan keluarga: Riset, Teori dan Praktek. Jakarta: EGC, 5-6

Hidayah, W., & Anasari, T. (2012).

Hubungan kepatuhan ibu hamil mengkonsumsi tablet fe dengan kejadian anemia di Desa Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Jurnal Bidan Prada, 3(02).

Krisnansari, D. (2010). Nutrisi dan gizi buruk. Mandala of Health, 4(1), 60-

Kristiyanasari, W. (2010). Gizi Ibu

Hamil. Bantul: Nuha Medika.

Oxorn, H., & Forte, W. R. (2010). Ilmu kebidanan: patologi dan fisiologi persalinan. Penerbit Andi

Pillitteri, A. (2010). Maternal & child health nursing: care of the childbearing & childrearing family. Lippincott Williams & Wilkins.

Puji, E., Sri, S., & Nadimin, F. F. (2010).

Hubungan Pengetahuan Ibu Dan Pola Konsumsi Dengan Kejadian Anemia Gizi Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Kassi-KassI. Dalam Media Pangan, 10.

Purbadewi, L., & Ulvie, Y. N. S. (2013).

Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil. Jurnal Gizi, 2(1).

.Soekidjo, N. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 50-

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susiloningtyas, I. (2018). Pemberian zat besi (Fe) dalam Kehamilan. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 50(128), 73-99.

Downloads

Published

2018-07-30

How to Cite

Eriyani, T., Shalahuddin, I., & Witdiawati, W. (2018). Fungsi Perawatan Kesehatan Keluarga Ibu Hamil dengan Anemia di Poliklinik Kebidanan RSUD Kabupaten Garut. Indonesian Journal of Nursing Research (IJNR), 1(1). https://doi.org/10.35473/ijnr.v1i1.9

Issue

Section

Articles