Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Menggunakan Metode Single Marker Pada Anak Mi Wasilatul Huda Bojonegoro

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35473/.v1i1.1287

Abstract

Currently, in studying spatial structure only through a blackboard, books, and illustrations in ordinary books and the learning methods used so far are still conventional methods and lack of understanding, the interest of MI Wassilatul Huda Ngasem Bojonegoro students towards mathematics subjects , one of which is building material. This research was conducted with the aim of helping elementary school students in understanding spatial objects and to implement augmented reality as a learning medium so that mathematics learning is more fun, interactive and fun. The product is developed using the waterfall method and applies the single marker method in its 3D objects. Based on usability test results with 94.67% this application is very feasible to use. From the results of the study, it can be concluded that android-based learning media in the form of augmented reality using the single marker method is very feasible to use and can be implemented by teachers and students in learning to build spaces.

Abstrak
Saat ini dalam mempelajari bangun ruang hanya melalui sebuah papan tulis, buku, serta ilustrasi yang ada dalam buku-buku biasa serta metode pembelajaran yang digunakan selama ini masih metode yang konvensional dan kurang nya pemahaman, minat siswa MI Wasilatul Huda Ngasem Bojonegoro terhadap mata pelajaran matematika, salah satu nya materi bangun ruang. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk membantu anak peserta didik sekolah dasar dalam memahami objek bangun ruang serta untuk mengimplementasikan augmented reality sebagai media pembelajaran agar pembelajaran matematika lebih asyik, interaktif dan menyenangkan. Produk di kembangkan menggunakan metode waterfall dan menerapkan metode single Marker dalam objek 3D nya. Berdasarkan hasil uji usability dengan 94,67% aplikasi ini sangat layak di gunakan . Dari hasil penelitian bisa di simpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android berupa augmented reality dengan menggunakan metode single Marker sangat layak di gunakan serta dapat di implementasikan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran bangun ruang.

References

A. H. Kridalaksana, A. Y. Rangan, and B. Satria, “Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality Dengan Metode Marker Augmented Reality,†Sebatik Stmik Wicida, 2016.

M. A. Putri, I. S. Wibisono, and U. N. Waluyo, “Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer,†vol. II, no. 2, pp. 61–67, 2020.

T. Mulyadi, M. R. H, and A. Amiruddin, “penerapan teknologi augmented reality sebagai sarana edukasi perkenalan alat musik dengan metode single marker,†Joism J. Inf. Syst. Manag., vol. 1, no. 2, pp. 1–4, 2020.

J. Kuswanto and F. Radiansah, “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI,†An Nabighoh J. Pendidik. dan Pembelajaran Bhs. Arab, 2018.

S. Saputri and A. Sibarani, “Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran Matematika Mengenal Bangun Ruang Dengan Metode Marked Based Tracking Berbasis Android,†Komputika J. Sist. Komput., vol. 9, no. 1, pp. 15–24, 2020, doi: 10.34010/komputika.v9i1.2362.

M. E. Apriyani and R. Gustianto, “Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan Purbakala dengan Animasi 3D menggunakan Metode Single Marker,†J. INFOTEL - Inform. Telekomun. Elektron., 2015, doi: 10.20895/infotel.v7i1.29.

A. Buchori, P. Setyosari, I. Wayan Dasna, and S. Ulfa, “Mobile augmented reality media design with waterfall model for learning geometry in college,†Int. J. Appl. Eng. Res., vol. 12, no. 13, pp. 3773–3780, 2017.

S. M. Janosik, “Rancang Bangun Multimedia Pembelajaran Berbasis Adventure Game Dengan Pendekatan Visualization, Auditory, Kinestethic Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Smk Kelas X,†NASPA J., vol. 42, no. 4, p. 1, 2016.

Downloads

Published

2021-11-25

Issue

Section

Articles