SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN SMKN H MOENADI DENGAN METODE WATERFALL

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35473/jamastika.v2i1.1864

Abstract

Meminjam buku di perpustakaan SMKN H Moenadi adalah hal yang sering dilakukan siswa sekolah , pada saat siswa melakukan peminjaman buku staff perpustakaan bertugas mendata buku tersebut dan mengecek ketersediaan buku tersebut apakah sama dengan data yang tercatat. Data tersebut ditulis kedalam buku yang tersedia , namun belum adanya sistem informasi peminjaman buku di perpustakaan SMKN H Moenadi membuat kerja pustakawan kurang efisien. Maka dari itu, penulis membuat sistem informasi peminjaman buku di perpustakaan dengan metode waterfall.

Sistem informasi peminjaman buku dengan metode waterfall ini bertujuan untuk mempermudah pihak pustakawan dalam mendata ketersediaan buku di perpustakaan SMKN H Moenadi .

Sistem informasi peminjaman buku ini dikembangkan dengan menggunakan metode Waterfall , menggunakan bahasa pemrograman web PHP  , database yang digunakan adalah MySQL , dan menggunakan aplikasi Notepad++  sebagai server-side scripting.

Penelitian ini akan menghasilkan suatu Sistem Informasi Peminjaman Buku di Perpustakaan SMKN H Moenadi dengan Metode Waterfall dan memiliki pengalaman pengguna yang mudah dipahami . Berdasarkan hasil uji coba sistem blackbox menghasilkan fitur yang layak dan uji coba usability pada kuesioner menghasilkan 92.53% yang berarti hasil pengujian tersebut sangat layak dan memenuhi aspek usability.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan diatas adalah dapat menerapkan Sistem Informasi Peminjaman Buku di Perpustakaan SMKN H Moenadi dengan Metode Waterfall.

Downloads

Published

2023-04-03