APLIKASI PEMESANAN MAKANAN ONLINE BERBASIS CHATBOT DI WARUNG MAKAN BAROKAH KAB. SEMARANG

Authors

  • amalia fatima zahra
  • Iwan Setiawan Wibisono Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jamastika.v2i1.1870

Abstract

Perkembangan tekonologi yang semakin merambah pada dunia penjualan, seperti hal nya warung barokah yang ada di ungaran ini, dalam beberapa tahun kemarin juga terdampak covid sehingga aturan tutup warung juga sangat diperhitungan karena meminimalisir penyebaran virus. Tidak hanya itu saja pemilik warung yang pastinya ingin beralih ke penjualan secara online. Dengan aplikasi penjualan makanan online yang tersedia saat ini pun jika di hitung bisa rugi karena potongan biaya layanan, estimasi ongkos kirim dan lain-lain, maka dari itu dibuatlah perpindahan jualan dari offline ke online, dengan pengetahuan digital juga semakin minim tetapi penjual dan pembeli tetap dapat melaksanakan transaksi jual beli dengan normal dan lancar dengan dibuatkannya aplikasi chatbot pemesanan makanan pada warung makan barokah ini.Metode yang digunakan dalam perancangan sistem ini meggunakan metode waterfall. Dalam menguji aplikasinya penulis menggunakan pengujian black box dan white box. Pengujian black box dilakukan untuk menguji kerja sistem, koneksi sistem, perangkat keras ke perangkat lunak sistem, sedangkan pengujian white box menggunakan metode basis path yaitu mendesign perkiraan aliran untuk mendifinikan eksekusi.Berdasarkan hasil pengujiannya menunjukan aplikasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan mempermudah pelanggan dalam pemesanan makanan pada warung makan barokah tanpa langsung ke warungnya.

Kata Kunci: Chatbot, Android, Whatsapp, Basis Path.

 

Technological developments that are increasingly reaching the world of sales, such as this barokah shop in Ungaran, in the past few years were also affected by Covid so that the rules for closing stalls were also very calculated because they minimized the spread of the virus. Not only that, but shop owners definitely want to switch to online sales. With the online food sales application available today, even if it is calculated, you can lose due to service fee discounts, estimated shipping costs and others, therefore a sales movement is made from offline to online, with digital knowledge also getting less but sellers and buyers still can carry out buying and selling transactions normally and smoothly with the creation of a food ordering chatbot application at this barokah food stall.The method used in designing this system uses the waterfall method.In testing the application the author uses black box and white box testing. Black box testing is carried out to test system work, system connections, hardware to system software, while white box testing uses the basis path method, which is to design flow estimates to define execution.Based on the test results, it shows the application can run as expected and makes it easier for customers to order food at barokah food stalls without going directly to the shop.

Keywords: Chatbot, Android, Whatsapp, Base Path.

References

Anastasia Diana, Lilis Setiawati,2011, Sistem Informasi Akuntansi Perancangan Prosedur dan penerapan, Edisi 1, Yogyakarta.: Andi Yogyakarta.

Andri ,Kristanto. 2003.Perancangan Sistem Informasi. Gava Media, Yogyakarta

B. Romney, S. & Steinbart, P. J., 2015. Sistem Informasi Akuntansi. jakarta selatan: Salemba Empat.

Betha Sidik, 2007. Pemrograman Web dengan PHP, Penerbit Informatika

Dhebys Suryani Hormansyah, Y. P. U., 2018. APLIKASI CHATBOT BERBASIS WEB PADA SISTEM INFORMASI LAYANAN PUBLIK KESEHATAN DI MALANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE TF-IDF. Jurnal Informatika Polinema, Volume Vol. 4.

Eka Larasati Amalia, D. W. W., 2019. Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, Volume Vol.13, p. 8.

Kusrini dan Koniyo Andri, 2007, Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic Dan Microsoft SQL Server, Edisi. Pertama, ANDI, Yogyakarta.

MADCOMS. 2005. Aplikasi Pemrograman Database dengan Visual Basic 6.0 dan Crystal Report. Yogyakarta : Penerbit ANDI, Madiun : MADCOMS.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Nugroho, Bunatit. 2005. Database Relasional dengan MySQL. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Paliwahet N S, M. P. K. G. D., 2017. Pencarian Informasi Wisata Daerah Bali Menggunakan Chatbot. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, Volume Vol. 8.

Pressman, R.S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi

R, C. A. Y. K. D. M., 2020. Perancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing ( Studi Kasus : Sistem Pemesanan Pada Caffe Shop ). JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, Volume Vol. 4, p. 8.

Turban. dkk., 2005, Decision Support System and Intelligent System (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas), Andi, Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-04-03