Sistem Informasi RT (SIRT) Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Waterfall Sebagai Media Komunikasi Warga
DOI:
https://doi.org/10.35473/jamastika.v2i1.2146Abstract
Rukun Tetangga (RT) terbentuk dari musyawarah warga setempat dalam rangka layanan pemerintah dan kemasyarakatan yang termasuk dalam lembaga pemerintah desa. Ketua RT memiliki kendala dalam menjalankan tugasnya yaitu sering berbenturan dengan pekerjaan, dengan demikian perlu dilakukan perbaikan dalam melayani warga yaitu Merancang dan mengimplementasi sistem informasi berbasis web di RT 006/ RW 004, Langensari Barat. Sistem Informasi RT berbasis web menggunakan metode waterfall, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka, kuesioner, dan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Dengan adanya penelitian ini menghasilkan sistem informasi RT berbasis web dengan menggunakan metode waterfall yang yang dapat mempermudah pelayanan dan juga sebagai media komunikasi warga seperti pendataan warga, pembuatan surat, administrasi keuangan yang sudah terkomputerisasi sehingga dapat terorganisir dengan baik. Kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan diatas yaitu dapat merancang dan mengimplementasikan sistem informasi rt sebagai media komunikasi warga di RT 06/ RW 04 Langensari Barat.
Kata Kunci : Metode waterfall, sistem informasi RT, berbasis web, pelayanan dan media komunikasi warga.
Web-Based RT Information System (SIRT) Using the Waterfall Method as a Community Communication Media
Neighbourhood (RT) was formed from local residents' deliberations in the context of government and community services included in village government institutions. The head of the RT has obstacles in carrying out his duties, which are often in conflict with work, thus it is necessary to make improvements in serving the residents, namely designing and implementing a web-based information system in RT 006/RW 004, West Langensari. The web-based RT Information System uses the waterfall method, data collection uses the method of observation, interviews, literature study, questionnaires, and data analysis using quantitative descriptive analysis techniques. With this research, it produces a web-based RT information system using the waterfall method which can facilitate services and also as a communication medium for citizens such as citizen data collection, letter making, financial administration that has been computerized so that it can be well organized. The conclusion that can be drawn from the explanation above is that it can design and implement a household information system as a communication medium for residents in RT 06/RW 04 West Langensari.
Keywords: method Waterfall, RT information system, web, service and citizen communication media.