Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Cafe di Kota Padang Menggunakan Metode Weighted Product

Authors

  • Aulia Putri Aulia Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Putri Yani Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Roki Juliska Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Ami Anggraini Samudra Universitas PGRI Sumatera Barat

Keywords:

Metode Weighted Product, Sistem Pendukung Keputusan, SPK

Abstract

Kota Padang merupakan salah satu kota tujuan wisata yang sangat popular di Sumatera Barat. Di Kota Padang terdapat begitu banyak tempat wisata, mulai dari pantai, gunung, pasar tradional, pasar modern, museum dan tempat lainnya yang menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Dalam satu tahun terakhir, peningkatan wisatawan di Kota Padang mengalami kenaikan hingga 100%, sehingga ini meningkatkan peluang usaha yang baik bagi masyarakat Kota Padang khususnya yang berada pada titik lokasi wisata. Masyarakat yang melihat peluang ini berlomba-lomba mendirikan cafe. Banyaknya variasi cafe ini akan berbanding lurus dengan berbagai macam cafe dengan keberagaman penilaiannya, dengan ini pengunjung akan dibuat bingung dengan pilihan café yang ada di Kota Padang. Maka dari itu dibutuhkan sebuah  Sistem Pendukung Keputusan yang dapat dapat membantu pengambilan keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan untuk dapat memecahkan masalah pengunjung. Didalam penelitian digunakan 10 sampel cafe yang diuji dan menghasilkan cafe terbaik. Hasil dari penelitian ini terbukti bahwa metode weighted product dapat digunakan dalam proses pemilihan cafe terbaik di Kota Padang.

References

Abdul Karim & Fitri LATIFAH. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Karyawan Terbaik Manggunakan Metode Weighted Product. 7(2), from https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/1060.

Erna Ningsih. Et al. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Peluang Usaha Makanan Yang Tepat Menggunakan Weighted Product (WP) Berbasis Web, 9(7), from doi: 258782-sistem-pendukung-keputusan-menentukan-pe-f4ccc526.pdf (neliti.com).

Cristine Yunita Hutagalung et al. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Makab di Bandung Dengan Menggunakan Metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS), 8(5), from doi: https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/171422/sistem-pendukung-keputusan-pemilihan-tempat-makan-di-bandung-dengan-metode-technique-for-order-of-preference-by-similarity-to-ideal-solution-topsis-.html

Muhamad Huzaifah Rosyid et al. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Android Menggunakan Metode Weighted Product (WP), 3(1), from doi: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JATIMIKA/article/view/15738

Downloads

Published

2024-04-01