ANALISIS LEGALITAS TANDA TANGAN DIGITAL: TINJAUAN TERHADAP IMPLIKASI HUKUM DAN KEAMANAN

Authors

  • putri meuthia rani jurnal
  • Melvika Khairani UIN Sumatera Utara
  • Rika Khairani UIN Sumatera Utara
  • Sri Purnamawati UIN Sumatera Utara

Abstract

Maksud dilaksanakannya penelitian ini ialah menelaah lebih mendalam perihal Tanda Tangan Elektronik sebagai bentuk pengimplementasian E-Government dalam rangka memanifestasikan jasa layanan publik yang kian efektif dan efisien guna memahami prosedur sistematika serta problematika atas pendayagunaan tanda tangan elektronik pejabat publik pada pengaplikasian E-Government. Metode dengan penyebaran kuesioner dan angket dipilih peneliti dalam penggarapan penelitian ini. Bahan hukum primer yang digunakan pedoman dalam pembuatan karya ilmiah ini yakni peraturan perundang-undangan, sedangkan bahan hukum sekunder yang dimanfaatkan sebagai penunjang penyelesaian karya ilmiah didapatkan dari kepustakaan. Intisari atau disebut juga hasil penelitian setelah dilakukan pengkajian lebih lanjut ditemukan dampak positif atas pemanfaatan aplikasi E-Government perihal tanda tangan elektrik pejabat yangmana memberi kemudahan bagi jasa pelayanan publik dalam proses administrasi, akibat lain dari E-Government yakni menunjukkan efesiensi serta efektivitas atas penggunaannya sehingga mendorong masyarakat untuk melakukan pengadministraian karena tak memakan waktu lama. Dua prinsip krusial yang melengkapi fitur E-Government atau tanda tangan digital yakni kunci kriptografi yang saling mengautentikasi, yakni kunci publik dan kunci privat.

References

Barkatullah, Abdul Halim, 2019. Hukum Transaksi Elektronik di Indonesia: Sebagai Pedoman dalam Menghadapi Era Digital Bisnis e-Commerce di Indonesia. Bandung: Nusamedia.

Informatika, K. K. (2016, 05 10). Gunakan Tanda Tangan Digital Indonesia . Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/7455/gunakan- tanda-tangan-digital-indonesia/0/videografis

Jogiyanto.2005. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman, BPFE, Yogyakarta.

Krmodimoeljo, S. (2009). Teori dan Aplikasi Kriptografi. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/548262/mod_resource/co ntent/1/crypto-book-complete.pdf.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-04-01