PENGEMBANGAN SISTEM PENJUALAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ODOO.
DOI:
https://doi.org/10.35473/jamastika.v3i1.2675Abstract
Umkm memiliki peranan yang sangat krusial dalam roda perekonomian nasional, umkm merupakan pilar utama dalam perekonomian nasional. Tercatat umkm memiliki kontribusi sebesar 61.07% terhadap produk domestik bruto. Namun terdapat permasalahan dimana persaingan yang semakin ketat menyebabkan sulit bersaing dalam hal promosi dengan produk-produk lainya. Penelitian ini berfokus pada pengembangan sebuah sistem berbasis web dengan menggunakan software open source odoo, tujuan dari pembuatan website adalah untuk merancang sistem informasi penjualan bunga plastik, perkembangan teknologi internet yang sekarang sudah berkembang dengan sangat cepat hal ini berdampak pada kemudahan dalam berbagai bidang pekerjaan, sehingga pengembang web akan lebih mudah dan cepat. Tahapan dalam pengembangan sistem website ini menggunakan metodology waterfall, dan langkah-langkah metodenya yaitu metode pengumpulan data yang diperoleh dengan mempelajari, meneliti dan membaca buku,jurnal,skripsi yang berhubungan dengan pengembangan sistem. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi umkm berbasis web dapat membantu untuk mempromosikan pelaku umkm secara online yang dapat dengan mudah di akses oleh orang awam cukup dengan mengunjungi web. Dan analisi ini menunjukan bahwa studi yang berfokus pada pengembangan sebuah sistem berbasis web berkaitan dengan daya saing bisnis pasar.
Kata Kunci: Sistem Penjualan, UMKM, ODOO
References
Hendrawan, h. A., et al. (2020). “penerapan modul penjualan sistem enterprise resource planning (erp) dan pemasaran daring pada umkm ud”. Https://www.researchgate.net/publication/344696680_penerapan_modul_penjualan_sistem_erp_dan_pemasaran_daring_pada_umkm_ud_sukri_dana_abadi_dan_starlight_shop
pamungkas, h. A., & hidayatulloh, a. (2019). “faktor penentu perkembangan umkm gerabah kasongan bantul yogyakarta”. Https://www.researchgate.net/publication/333557342_faktor_penentu_perkembangan_umkm_gerabah_kasongan_bantul_yogyakarta
sarfiah, s. N., atmaja, h. E., & verawati, d. M. (2019). “umkm sebagai pilar membangun ekonomi bangsa”. Https://www.researchgate.net/publication/348888274_umkm_sebagai_pilar_membangun_ekonomi_bangsa
lady Agustine (2022) “Edukasi pemanfaatan Marketplace Sebagai Sarana UMKM Naik kelas ’’ Https://news.bsi.ac/id/2022/10/20/edukasi-pemanfaatan-marketplace-sebagai-sarana-umkm-naik-kelas/
Anik Sulistyawati & Alifa Nur Edria Ramadhatik (2023) “ Tips Meningkatkan Penjualan Online ” Https://www.google.com/amp/s/bisnis.solopos.com/para-seller-merapat-ini-tips-meningkatkan-penjualan-online-1596068/amp
R Yustiani & R Yunanto (2017) “Peran Marketplace sebagai alternatif bisnis Di era Teknologi Informasi ” (2017)
Https://www.google.com/scholar hl=id&as_sdt=0, Peran- marketplace-sebagai-alternatif-bisnis- di era- digital/
Arifianto, E.Y., & Coiri, M. (2018). “Pemanfaatan E-Comerce Dalam Pembelajaran Manajemen Usaha kecil dan Menengah. Jurnal Komunikasi Pendidikan”
https://doi.org/10.32585/jkp.v2il.67
Maupa, H. Justri, Taba, I. M., &Baumassepe,A.N. (2019) “ Penerapan Eccomerce Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Sulawesi Selatan. 6014, 102-112.
Https://doi.org/10.36448/jmsit.v5i2722
Slamet,R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., Hendriyanto, A., & Ilma, L. L. (2017)
“Pengembangan Ukm Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136”. Https://doi.org/10.25124/jmi.v16i2.2319
Mumtahana, Hani Atun,S., & Tito, A. W. (2017). Khazanah informatika Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Styrategi Pemasaran, 3(1), 6-10. Https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/artcle/view/3309/2784
Sri Mujiyono, Abdul Rohman, 2021. Buku Ajar Dasar Pemrograman Web Menggunakan PHP dan MySQL. Deepublish. Yogyakarta